Rektor 32 Perguruan Tinggi di Jogja Berkumpul untuk Persiapan Pemilu 2024, Ini Penjelasannya

- Sabtu, 17 September 2022 | 20:12 WIB
Perwakilan Rektor se DIY berkumpul serukan Pemilu Bermartabat. (Dokumen Humas UGM)
Perwakilan Rektor se DIY berkumpul serukan Pemilu Bermartabat. (Dokumen Humas UGM)

SLEMAN, AYOYOGYA.COM -- Sebanyak 32 rektor atau pimpinan perguruan tinggi negeri dan perguruan tinggi swasta di Yogyakarta menyampaikan seruan moral tentang pemilihan umum (pemilu) dan demokrasi, Sabtu (17/9) di Balairung Universitas Gadjah Mada (UGM).

Seruan moral yang diberi judul Pemilu Berkualitas dan Demokrasi Bermartabat itu dibacakan oleh Rektor UGM, Prof. dr. Ova Emilia, M.Med.,Ed., Sp.OG(K)., Ph.D didampingi oleh seluruh rektor yang hadir. 

“Demokrasi yang bermartabat, salah satunya, ditandai dengan pelaksanaan pemilu yang berkualitas. Pemilu sebagai mandat reformasi menjadi pintu masuk pergantian dan keberlanjutan kepemimpinan dengan legitimasi moral dan sosial yang tinggi untuk kemaslahatan bangsa,” ucap Ova dalam siaran pers.

UGNMBaca Juga: Pakar UGM Sebut Kenaikan Harga BBM Picu Penurunan Penumpang Angkutan Umum, Ini Penjelasannya  

Ia mengungkapkan, Bangsa Indonesia harus bersyukur atas banyak perkembangan baik yang diraih di usia ke-77, meski tidak menutup mata bahwa masih banyak pekerjaan rumah yang menunggu diselesaikan. 

Semua hal ini, lanjutnya, merupakan hasil kerja kolektif dan kumulatif para pendiri bangsa, pemimpin, dan rakyatnya.

Pengawalan demokrasi yang bermartabat merupakan salah satu ekspresi rasa syukur tersebut, untuk mewujudkan cita-cita sebagai bangsa yang berdaulat.

Pemilu di mata para pimpinan perguruan tinggi ini merupakan aktualisasi nilai, perjuangan kebangsaan, dan pembangunan konsensus demokrasi yang mulia.

“Jika Pemilu berlangsung dengan baik dan berkualitas, maka Indonesia akan menjadi contoh negara besar yang mampu berdemokrasi secara dewasa,” terang Ova.

Halaman:

Editor: Rahajeng Pramesi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X