Suhu Panas di Jepang Dekati Rekor Tertinggi, Pemerintah Imbau Warga Tidak Keluar Rumah

- Selasa, 2 Agustus 2022 | 16:25 WIB
(Ilustrasi) Suhu Panas di Jepang Dekati Rekor Tertinggi, Pemerintah Imbau Warga Tidak Keluar Rumah (Unsplash/ David Law)
(Ilustrasi) Suhu Panas di Jepang Dekati Rekor Tertinggi, Pemerintah Imbau Warga Tidak Keluar Rumah (Unsplash/ David Law)

NAGOYA, AYOYOGYA.COM -- Suhu mengalami peningkatan di seluruh Jepang pada hari Selasa.

Kenaikan suhu tersebut mendekati rekor tertinggi sekitar 40 derajat Celsius di sejumlah daerah, hingga badan cuaca memperingatkan potensi penyakit yang berhubungan dengan panas.

Pemerintah mengeluarkan peringatan yang mencakup wilayah yang luas mulai dari timur hingga barat Jepang, meminta masyarakat untuk minum air dan menghindari keluar rumah untuk mencegah kelelahan akibat panas.

Baca Juga: Profil Ayman al-Zawahiri, Bos Al-Qaeda yang Tewas di Tangan Amerika Serikat

Rekor suhu tertinggi di Jepang sebesar 41,1 derajat Celsius dan tercatat di Kumagaya, Prefektur Saitama, pada tahun 2018. Hal tersebut pernah disamai di Hamamatsu, Prefektur Shizuoka, pada tahun 2020.

Mengutip dari Kyodo, pada hari Selasa, 1 Agustus 2022 badan cuaca memperkirakan suhu naik menjadi 41 derajat Celsius di Kumagaya, utara Tokyo; 39 derajat Celsius di Nagoya di Jepang tengah; dan 37 derajat Celsius di Tokyo tengah.

Di antara 914 titik pengamatan secara nasional, suhu telah meningkat menjadi 30 derajat Celsius atau lebih di 380 lokasi pada pukul 9 pagi, dengan merkuri mencapai 38,3 derajat Celsius di Kumagaya dan 35,1 derajat Celsius di ibu kota Jepang pada pukul 13.30 waktu setempat.

Baca Juga: Ini Bahayanya Makan Sambil Tiduran, Waspada Ya!

Negara-negara di seluruh dunia telah berjuang melawan suhu ekstrem dalam beberapa pekan terakhir.

Halaman:

Editor: Rahma Rizky Wardani

Sumber: Kyodo News

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Intip Penyebab Toyota Bakal Tutup Pabrik di Rusia

Minggu, 25 September 2022 | 11:25 WIB

Begini Cara Kate Middleton Kenang Ratu Elizabeth II

Rabu, 21 September 2022 | 16:30 WIB

Ini Harapan Raja Charles untuk Kebebasan Warga Palestina

Senin, 12 September 2022 | 14:09 WIB
X