Ini 12 Manfaat Kotoran Kambing untuk Tanaman Cabai

- Jumat, 5 Agustus 2022 | 08:30 WIB
Ilustrasi Menanam di Tanah yang Gembur. (Pixabay)
Ilustrasi Menanam di Tanah yang Gembur. (Pixabay)

YOGYAKARTA, AYOYOGYA.COM -- Menggunakan kotoran hewan sebagai pupuk adalah ide yang baik untuk meningkatkan keuntungan Anda. Jadi Anda tidak perlu membuangnya karena selalu bisa dimanfaatkan dengan baik.

Salah satu ternak yang dapat dijadikan pupuk adalah kambing. Ternyata kotoran kambing memiliki banyak sekali manfaat untuk tanaman cabai yang mungkin belum Anda ketahui. Pupuk ini sangat dianjurkan untuk membantu tanaman lada mencapai hasil yang jauh lebih memuaskan.

Baca Juga: Klinik Kesehatan Tanaman di Sleman Dorong Pengendalian Hama dan Penyakit Tanaman

Berikut beberapa manfaat kotoran kambing untuk tanaman cabai yang harus Anda ketahui!

1. Meningkatkan hasil panenan cabai
Dengan pemupukan tanaman cabai dengan kotoran kambing, hasil dan kualitas cabai akan meningkat. Untuk membuktikannya, Anda bisa menanam cabai dengan kotoran kambing dan tanpa pupuk. Anda akan menyaksikan secara langsung tingkat hasil yang berbeda, warna tanah dan kesehatan tanaman lada.

2. Membuat tanaman lebih subur
Salah satu manfaat kotoran kambing untuk tanaman lada adalah membuat tanah lebih subur. Tanah yang dipupuk dengan kotoran kambing akan banyak mengandung unsur hara yang dapat menunjang pertumbuhannya. Anda juga bisa mencampurkan kotoran kambing ini ke dalam tanah untuk media tanaman lainnya agar bisa tumbuh dengan optimal.

Baca Juga: Sleman Patenkan 4 Varietas Tanaman Lokal

3. Membuat tanah gembur
Tanah kotoran kambing cenderung lebih gembur, sehingga cabai lebih mudah menyerap unsur hara. Berkat ini, tanaman akan tumbuh dengan cepat dan memberikan hasil yang maksimal.

4. Sebagai komponen perangsang tanaman
Manfaat kotoran kambing untuk tanaman cabai antara lain sebagai bahan perangsang. Hasilnya, pertumbuhan akar, daun, batang dan buah akan lebih cepat dan baik.

5. Penyediaan unsur hara
Kotoran kambing menyediakan unsur hara bagi tanaman cabai. Ada dua jenis nutrisi, yaitu mikronutrien termasuk mangan, kobalt, tembaga, seng, barium dan besi. Sedangkan zat gizi makro antara lain fosfor, nitrogen, kalsium, kalium, belerang dan magnesium.

Halaman:

Editor: Rahajeng Pramesi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Apa itu Petrus? Penembakan Misterius Era Orde Baru

Kamis, 11 Agustus 2022 | 07:30 WIB

Kumpulan Kata Bijak Mahatma Gandhi

Kamis, 11 Agustus 2022 | 06:00 WIB
X