Sekolah Negeri Tidak Boleh Paksa Siswa Menggunakan Atribut Agama, Ini Landasannya

- Kamis, 4 Agustus 2022 | 21:22 WIB
(Ilustrasi) Sekolah Negeri Tidak Boleh Paksa Siswa Menggunakan Atribut Agama, Ini Landasannya (Freepik)
(Ilustrasi) Sekolah Negeri Tidak Boleh Paksa Siswa Menggunakan Atribut Agama, Ini Landasannya (Freepik)

YOGYAKARTA, AYOYOGYA.COM -- Berdasarkan Permendikbud Nomor 45 Tahun 2014 tentang Seragam Sekolah, sekolah negeri tidak boleh memaksa siswa untuk mengenakan atribut agama tertentu.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY Didik Wardaya, menyusul adanya salah satu siswi di SMAN 1 Banguntapan, Kabupaten Bantul, DIY yang diduga dipaksa menggunakan jilbab oleh pihak sekolah.

Didik mengatakan, Permendikbud tersebut mengatur bahwa tidak boleh ada paksaan untuk menggunakan atribut agama tertentu di sekolah negeri.

Baca Juga: Sampel Oropharings dari Suspek Cacar Monyet di Jawa Tengah Dinyatakan Negatif

"Sesuai aturan pusat, di sekolah negeri untuk yang muslimah diperbolehkan menggunakan pakaian muslimah, dalam hal ini jilbab. Tidak memakai pun boleh, tidak boleh ada paksaan," kata Didik di Disdikpora DIY pada Selasa, 2 Agustus 2022.

Melansir dari Republika, Didik menegaskan bahwa pihak sekolah negeri tidak boleh membuat peraturan atau imbauan bagi peserta didik untuk menggunakan model pakaian yang khusus untuk agama tertentu sebagai pakaian seragam sekolah.

Sekolah juga tidak boleh melarang jika peserta mengenakan seragam sekolah dengan model pakaian kekhususan agama tertentu berdasarkan kehendak orang tua, wali, dan peserta didik yang bersangkutan.

Baca Juga: Elektabilitas Meningkat, Demokrat DIY Buka Pendaftaran Caleg Berkualitas

Ia pun mengimbau kepada penyelenggara pendidikan, terutama yang diselenggarakan pemerintah atau sekolah negeri untuk lebih memperhatikan aturan yang sudah dikeluarkan. Didik menyebut, sekolah negeri harus merefleksikan kebhinekaan.

Halaman:

Editor: Rahma Rizky Wardani

Sumber: Republika

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X