RSPAU dr Hardjolukito Selenggarakan Kejurnas Jujitsu untuk pertama kalinya di Yogyakarta

- Sabtu, 3 Desember 2022 | 15:10 WIB
Ka RSPAU (tengah) saat konferensi pers Kejurnas Ju Jitsu (Rahajeng Pramesi)
Ka RSPAU (tengah) saat konferensi pers Kejurnas Ju Jitsu (Rahajeng Pramesi)

BANTUL, AYOYOGYA.COM- Jujitsu merupakan salah satu seni bela diri yang tertua di Jepang, dan sudah ada sejak tahun 880-1868 M, dan tahun 1949 masuk ke Indonesia serta resmi dijadikan beladiri di POLRI dan berbagai satuan militer. Saat ini cabang olahraga Jujitsu telah dipertandingkan pada event-event besar seperti PORDA, PON hingga Olimpiade, serta pembinaannya perlu dilakukan secara sistematis dan berkelanjutan.

Sejalan dengan hal tersebut sebagai wujud dalam mendukung kemajuan olahraga Indonesia khususnya cabang olahraga jujitsu maka RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito bekerjasama dengan Pengurus Besar Ju-Jitsu Indonesia (PBJI) nasional menyelenggarakan “Kejuaraan Nasional Jujitsu Ka RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito Cup Tahun 2022” pada hari Sabtu (03/12/22).

Ka RSPAU dr Suhardi hardjolukito Marsma TNI dr Mukti Arja Berlian Sp.Pd., Sp.KP, menyampaikan bahwa Kejuaraan nasional Jujitsu merupakan kali pertama dilaksanakan di D.I Yogyakarta dan hal ini menjadi salah satu kontribusi nyata RSPAU terhadap kemajuan olahraga Jujitsu.

Baca Juga: Fix Mulai 3 Desember, TV Analog Dimatikan di Yogyakarta, Emak Penggemar Sinetron Menangis

“Melalui kejuaraan ini semoga bisa menjadi sarana pembinaan atlet dan ajang peningkatan prestasi yang lebih baik serta dapat menumbuhkan minat dan bakat para atlet Jujitsu. Sekaligus juga untuk mengasah atau me-refresh kembali kemampuan agar dapat lebih berprestasi di masa yang akan datang”, tambah Marsma TNI dr Mukti Arja Berlian Sp.Pd., Sp.KP.

Ketua umum KONI pusat yang dibacakan oleh Wakabid Litbang KONI pusat Twisyono menyampaikan bahwa beliau mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih kepada ka RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito atas dukungan terhadap kejurnas jujitsu tahun 2022.
Selain itu Sekjen PBJI Dr. Dedy Triharjanto, SE., MM., menyampaikan kejuaraan nasional ini akan berkesinambungan dengan proyeksi PBJI tahun 2023 yaitu mengikuti sea games di Kamboja di bulan Mei mendatang, oleh karena itu para atlet yang menjadi juara pada kejurnas kali ini akan terpilih untuk melaksanakan tes fisik di Jakarta dan berkesempatan mengikuti sea games.

Ketua panitia Kolonel Kes Ahmad Lutfir’an, S,Pd mengatakan kejuaraan nasional Jujitsu dilaksanakan selama 2 hari yakni tanggal 3-4 Desember 2022 dan diikuti oleh 180 atlet yang berasal dari 20 PBJI provinsi di seluruh Indonesia, serta mendatangkan 12 orang wasit nasional yang telah tersertifikasi Komite Wasit Nasional PBJI. Para pemenang nantinya akan mendapatkan hadiah berupa medali, piagam penghargaan dan tropi serta uang pembinaan untuk juara umum.

Baca Juga: Ngeri! 97 Investasi Bodong Ditemukan Sepanjang Tahun 2022

Kejuaraan Jujitsu ini ada 2 macam yaitu Newaza dan Fighting, sedangkan nomor yang dipertandingkan ada 16 kategori (putra dan putri) dengan sistem pertandingan gugur. Sistem newaza adalah sebuah pertandingan yang berfokus pada perkelahian bawah (ground fighting) dimana atlet mengandalkan teknik kuncian dan submission yang ia kuasai. Sedangkan fighting sistem adalah pertandingan yang lebih mengandalkan pukulan, tendangan dan bantingan.

Halaman:

Editor: Rahajeng Pramesi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X