Pengelola Desa Wisata Pulesari Sleman Mulai Kenalan dengan Ecoenzyme

- Jumat, 23 September 2022 | 16:00 WIB
Pelatihan Ecoenyzme Pengelola Desa Wisata Pulesari Sleman. (Dokumen Dinas Pariwisata Sleman.)
Pelatihan Ecoenyzme Pengelola Desa Wisata Pulesari Sleman. (Dokumen Dinas Pariwisata Sleman.)

SLEMAN, AYOYOGYA.COM – Sebanyak 40 warga dan pengelola desa wisata Pulesari Wonokerto Turi sangat antusias belajar membuat ecoenzyme. Antusiasme mereka terlihat saat diselenggarakan Pelatihan Pengelolaan Limbah Cair Domestik oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman, Kamis 22 September 2022 di Ruang Pertemuan De Pule, Desa Wisata Pulesari Wonokerto Turi.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman Ishadi Zayid, SH, secara terpisah terkait dengan pelaksanaan Pelatihan Pengelolaan Limbah Cair Domestik tersebut.

Ishadi Zayid menambahkan bahwa aktivitas wisatawan, masyarakat dan pengelola desa wisata tentu tidak lepas dari munculnya sampah atau limbah domestik. Terlebih lagi desa wisata Pulesari tergolong desa wisata yang memiliki jumlah kunjungan wisatawan yang cukup tinggi, sehingga potensi masalah yang berupa sampah dan limbah akan jauh lebih tinggi.

Baca Juga: Cuaca di DIY Hari Ini, Kamis 22 September 2022, BMKG: Waspada Hujan Sedang Lebat di Sleman dan Kulon Progo

Sehingga sangatlah tepat apabila Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman bekerjasama dengan UGM dan instansi terkait memberikan pendampingan dalam hal pengelolaan dan pemanfaatan limbah domestik yang selama ini hanya dibuang dan tidak menghasilkan manfaat. Justru membuat dampak negatif yang berupa bau dan pemandangan yang tidak sedap.

Dengan pengelolaan limbah secara bijak maka akan dihasilkan ecoenzyme yang memiliki manfaat serbaguna yang dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari oleh masyarakat setempat ataupun juga oleh wisatawan yang berkunjung ke desa wisata.

Ecoenzyme merupakan cairan serbaguna yang dihasilkan dari proses fermentasi sisa-sisa sampah domestik diantaranya sisa buah atau sayuran (kulit buah, potongan sayuran, sisa buah).

Baca Juga: Bantul akan Kembangkan Sistem Pengelolaan Sampah Antara, Ini Penjelasannya!

Adapun ecoenzyme memiliki manfaat yang serbaguna atau multiguna untuk keperluan luar dan bukan untuk dikonsumsi. Diantara manfaat tersebut adalah sebagai pembersih udara/air purifier, penghasil ion negatif, pupuk pertanian, membersihkan kolam, sebagai sabun mencuci piring/ baju, mengepel lantai, membersihkan kompor/ alat dapur, membasmi pestisida, antiradiasi, membersihkan kamar mandi, bahkan juga bisda untuk mandi, keramas, cuci tangan, berkumur, gosik gigi, menyembuhkan bisul, eksim dan luka bakar serta sebagai desinfektan.

Halaman:

Editor: Rahajeng Pramesi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X