Catat! Pencairan BLT di Bantul, Penerima Wajib Sudah Vaksin Booster

- Kamis, 22 September 2022 | 17:00 WIB
Ilustrasi Pemberian Vaksin Booster. (Unsplash/ Mufid Majnun)
Ilustrasi Pemberian Vaksin Booster. (Unsplash/ Mufid Majnun)

BANTUL, AYOYOGYA.COM -- Pemkab Bantul mengeluarkan Surat Edaran (SE) terkait vaksin booster,  sebagai syarat pencairan Bantuan Langsung Tunai (BLT). Serta jaminan dan bantalan sosial dari pemerintah pusat dan daerah lainnya. Ditandatangani oleh Sekertaris Daerah Pemkab Bantul Helmi Jamharis, SE ditujukan kepada seluruh Panewu, Lurah dan Kepala Puskesmas di Kabupaten Bantul.

SE tertanggal 9 September 2022 ini,  memerintahkan penundaan pencairan BLT dan Jaminan Sosial lainnya. Bagi calon penerima yang belum melakukan vaksinasi Covid-19. Keluarnya SE ini berdasarkan pasal 134 Peraturan Presiden Nomor 14 Tahun 202. Pasal tersebut mewajibkan warga yang sudah terdaftar sebagai penerima vaksin untuk melakukan Vaksinasi.

Baca Juga: Dinkes Bongkar Penyebab Capaian Vaksin Booster DIY Belum Maksimal

Sekertaris Daerah Pemkab Bantul Helmi Jamharis memastikan, keluarnya SE untuk mendukung percepatan program vaksinasi di Bantul. Mengingat capaian vaksinasi booster di Bantul baru 25,77 persen. Sementara untuk membentuk kekebalan komunal baru, capaian vaksinasi booster minimal 70 persen. 

Baca Juga: Banyak Warga Kota Jogja Antusias Ikuti Program Vaksin Rabies Gratis Hewan Peliharaan

Terciptanya kekebalan komunal baru, menjadi modal utama bagi masyarakat. Untuk kembali melakukan  kegiatan ekonomi. Dengan lebih percaya diri, karena sudah mendapat tambahan perlindungan dari dalam..Seiring kegiatan ekonomi yang menuntut pelonggaran dalam penerapan protokol kesehatan. 

Baca Juga: Percepat Capaian Vaksin Booster, Sleman Jemput Bola di Kalurahan  

Sebab virus Covid -19 belum benar - benar hilang. Kondisi ini dapat dilihat dari masih ditemukannya kasus baru. Data Dinas Kesehatan Bantul menyebut, masih ditemukan kasus baru meski angkanya dibawah 20 perhari. Dengan tambahan kekebalan melalui vaksin, pasien hanya menunjukan gejala ringan.

Editor: Rahajeng Pramesi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X