Bawaslu Bantul Konsentrasi Awasi Tahapan Pendaftaran, Verifikasi, dan Penetapan Parpol Peserta Pemilu 2024

- Rabu, 3 Agustus 2022 | 19:30 WIB
Ilustrasi Pemilu 2024 (rumahpemilu.org)
Ilustrasi Pemilu 2024 (rumahpemilu.org)

BANTUL, AYOYOGYA.COM -- Pengawasan tahapan Pendaftaran, Verifikasi, dan Penetapan Partai Politik peserta Pemilu 2024 telah dimulai sejak tanggal 1 Agustus 2022. Adapun pendaftaran partai politik serta pengawasan verifikasi administrasi dimulai tanggal 2 Agustus 2022.

Pengawasan tahapan Pendaftaran, Verifikasi, dan Penetapan Partai Politik dimulai dari tanggal 1 Agustus 2022 untuk pendaftaran partai politik, verifikasi administrasi, verifikasi faktual sampai pada penetapan pada tanggal 14 Desember 2022.
Bawaslu Kabupaten Bantul telah melakukan pengawasan baik secara langsung maupun tidak langsung yang salah satunya dengan pengawasan dan pencermatan terhadap pemenuhan persyaratan pendaftaran partai politik peserta Pemilu 2024 melalui Sistem Informasi Partai Politik (Sipol). 

Baca Juga: Bupati Sleman Ajak Ormas dan LSM Wujudkan Pemilu Damai dan Berintegritas  

Dalam rangka menjaga integritas proses pemilu, Bawaslu RI memberikan arahan kepada jajaran Bawaslu untuk melakukan pencegahan secara optimal agar potensi pelanggaran dan sengketa proses dapat diminimalisir. 

Ketua Bawaslu Kabupaten Bantul, Harlina dalam siaran pers Rabu (3/8/2022) menyatakan pihaknya relah melakukan penerusan himbauan Bawaslu RI kepada KPU Kabupaten Bantul dan Partai Politik serta membuat himbauan kepada pihak-pihak yang diatur netralitasnya untuk memperhatikan ketentuan peraturan perundang-undangan dalam pelaksanaan proses pendaftaran, verifikasi, dan penetapan partai politik peserta Pemilu 2024.

Baca Juga: Deklarasi Pemilu 2024 Sportif dan Aman Forkominda dan KPU Sleman

Bawaslu Kabupaten Bantul juga melakukan pengawasan dan koordinasi kepada partai politik yang ada di wilayah Kabupaten Bantul untuk melakukan upaya pencegahan terhadap potensi pelanggaran pemilu dan pencegahan sengketa proses pemilu yang berpotensi dapat terjadi pada tahapan Pendaftaran, Verifikasi, dan Penetapan Partai Politik peserta Pemilu 2024.

Bawaslu Kabupaten Bantul dalam pengawasan tahapan pendaftaran, verifikasi partai politik telah melakukan pemetaan potensi pelanggaran pemilu dan potensi sengketa proses pemilu sebagaimana arahan dari Bawaslu RI. Pemetaan terhadap Pelanggaran Pemilu meliputi potensi pelanggaran Administrasi, Potensi Tindak Pidana, potensi Pelanggaran Etik Penyelenggara Pemilu serta potensi Pelanggaran Netralitas ASN, TNI dan Polri serta pihak-pihak yang diatur netralitasnya yang berpotensi terdaftar sebagai anggota Partai Politik.

Selain potensi pelanggaran, imbuh Harlina Potensi Sengketa Proses perlu dipetakan untuk melakukan upaya pencegahan secara maksimal, potensi sengketa proses dapat terjadi terhadap obyek sengketa berupa Berita Acara Hasil Verifikasi Administrasi Partai Politik Calon Peserta Pemilu terhadap Partai Politik yang tidak memenuhi syarat administrasi,  Berita Acara Hasil Verifikasi Faktual Partai Politik Calon Peserta Pemilu terhadap Partai Politik tidak memenuhi syarat verifikasi faktual.

Halaman:

Editor: Rahajeng Pramesi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X