Resesi Global 2023 Mengancam, Mahasiswa Bisa Apa?

- Rabu, 30 November 2022 | 08:00 WIB
BEM Nusantara DIY usai pelaksanaan diskusi (Istimewa)
BEM Nusantara DIY usai pelaksanaan diskusi (Istimewa)

YOGYAKARTA, AYOYOGYA.COM- Sebagai bagian dari wujud nyata peran Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Nusantara sebagai mitra kritis pemerintah, BEM Nusantara mengadakan diskusi publik.

Dalam diskusi publik kali ini BEM Nusantara menyoroti tentang ancaman resesi global 2023 sebagaimana tema acara yaitu "Menakar Kekokohan Indonesia Menghadapi Ancaman Resesi Global 2023, Mahasiswa Bisa Apa?".

Muhammad Nur Fadilah Ketua BEM Nusantara dalam siaran pers Rabu (30/11/2022) mengatakan berdasarkan kajian yang telah dilakukan tentunya semakin terlihat adanya indikasi-indikasi ancaman yang akan cukup melemahkan negara terutamanya dalam sektor ekonomi jika tidak diantisipasi dan tidak adanya sinergitas antar stakeholder dan juga seluruh lapisan masyarakat.

Baca Juga: KRL Solo-Jogja Hari Ini, Rabu 30 November 2022: Jadwal dan Stasiun Keberangkatan Lengkap

Selain dari kajian internal, untuk lebih memperkuat kajian maka dalam diskusi publik BEM Nusantara DIY turut mengundang narasumber yaitu dari BPH Migas sebagai perspektif analisis data dan demisioner BEM Nusantara DIY sebagai perspektif arah pergerakan atau peran mahasiswa.

Maka, aktualisasi mahasiswa sebagai representatif masyarakat sudah selayaknya turut merespon hal ini sehingga di masa yang terbilang semakin krisis saat ini harus terus dibarengi dengan sikap yang semakin kritis.

Baca Juga: Cuma Intensitas Ringan di Sleman, BMKG Tetap Meminta Warga di Jogja Antisipasi Cuaca Turunnya Hujan Hari Ini

Melalui konsolidasi-konsolidasi internal yang sudah dijalankan oleh kampus-kampus yang tergabung dalam BEM Nusantara DIY dan berdasarkan disiplin akademik setiap kampus yang beragam sehingga dapat menghasilkan inventaris permasalahan dan petitum-petitum yang bisa dijalankan agar Indonesia benar-benar siap dalam menghadapi resesi global 2023 tentunya dengan peran mahasiswa yang beradaya kritis tinggi, paham akan situasi, dan mampu berkontribusi untuk negeri.

Editor: Rahajeng Pramesi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X