Angin Puting Beliung Porak Porandakan Sejumlah Rumah di Imogiri Bantul

- Rabu, 7 Desember 2022 | 11:00 WIB
Sejumlah pohon yang tumbang akibat puting beliung di Imogiri Bantul. (Istimewa)
Sejumlah pohon yang tumbang akibat puting beliung di Imogiri Bantul. (Istimewa)

BANTUL, AYOYOGYA.COM- Angin puting beliung melanda wilayah Desa Selopamioro Imogiri Bantul, Selasa (6/12/2022) kemarin. Akibatnya puluhan rumah warga mengalami kerusakan. Sebagian besar berupa kerusakan pada bagian atap. Karena genteng tersapu angin yang sangat kencang. Kerusakan terparah menimpa rumah Ngajiyo warga dusun Kalidadap I RT 07. Setelah tertimpa pohon yang tumbang.

Selain menimpa rumah warga, pohon yang tumbang juga menutup akses jalan desa. Serta menimpa kabel listrik dan lampu penerangan jalan. Mengantisipasi kecelakaan saat evakuasi pohon yang tumbang. Relawan sudah berkoordinasi dengan PLN, untuk memutus aliran listrik selama proses evakuasi pohon tumbang.

Beruntung tidak terdapat korban jiwa maupun luka - luka dalam peristiwa ini. Walau demikian petugas medis dari Puskesmas Imogiri 1 dan 2 tetap berjaga di lokasi. Sedangkan untuk kerugian materiil, masih terus dilakukan pendataan. Untuk memastikan tidak terdapat korban yang tidak terdata.

Baca Juga: Hore, Hari Ini Rabu 7 Desember 2022 Tidak Ada Pemadaman Listrik Bergilir di Jogja

Berdasarkan data sementara dari FPRB Selopamioro Imogiri, kerusakan paling banyak terjadi di dusun Srunggo I RT 03. Terdapat 24 rumah yang mengalami kerusakan pada bagian genteng. Disusul dusun Srunggo II RT 02, terdapat 19 rumah yang gentengnya tersapu angin. Serta dusun Kalidadap II RT 08, dengan kerusakan menimpa 12 rumah.

Kerusakan yang sama menimpa 8 rumah di dusun Srunggo I RT 01, 3 rumah di dusun Srunggo II RT 01 dan 3 rumah di dusun Srunggo II RT 03. Warga bersama relawan FPRB Selopamioro dan Sriharjo Imogiri langsung melakukan evakuasi pohon yang tumbang. Agar akses warga dapat kembali normal.

Prawidi salah satu warga dusun Srunggo II RT 04 menuturkan, peristiwa terjadi sekitar pukul 12.15 WIB. Sesaat setelah aliran listrik mati total di wilayah Srunggo II. Tiba - tiba muncul suara gemuruh yang sangat keras. Awalnya dikira oleh warga suara terbang. Namun setelah mengetahui ternyata angin puting beliung. Warga langsung berupaya untuk menyelamatkan diri.

Baca Juga: Catat Ini Baik-Baik! Berikut Jadwal KRL Solo-Jogja untuk Rabu 7 Desember 2022

Lurah Selopamioro Sugeng mengatakan, peristiwa terjadi sagat cepat. Beruntung saat peristiwa terjadi warga sedang berada di luar rumah. Untuk menjalankan aktifitasnya masing - masing. Sehingga dapat menghindari jatuhnya korban jiwa atau luka - luka. Mengigat sebagain besar kerusakan rumah warga pada bagian atap maka bantuan yang paling dibutuhkan adalah terpal. Untuk antisipasi bila hujan turun sudah terdapat tempat untuk berteduh.

Halaman:

Editor: Rahajeng Pramesi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X