Wah Ada Poros Kuntul Gunung di 3 Kabupaten, Ini Penjelasannya

- Kamis, 24 November 2022 | 12:56 WIB
Bupati Bantul, KH Abdul Halim Muslih (Dokumen Humas Pemkab Bantul)
Bupati Bantul, KH Abdul Halim Muslih (Dokumen Humas Pemkab Bantul)

BANTUL, AYOYOGYA.COM- Untuk mengejar ketertinggalan di dari kabupaten Sleman dan Kota Yogyakarta Pemerintah kabupaten Kulon Progo, Bantul dan Gunung Kidul membentuk poros Kuntul Gunung. Bupati Bantul Abdul Halim Muslih menyampaikan pernyataan ini. Usai penandatanganan kerjasama antar 3 Pemerintah di DIY ini, Senin (21/11/2022), di Ross inn Hotel.

Banyaknya kesamaan diantara ketiga kabupaten, menjadi alasan dibentuknya poros ini. Selain pendapatan yang masih sama - sama rendah di DIY Geografis ketiga daerah yang berada di pesisir laut menjadi alasan lain. Dengan kesamaan ini diharapkan mampu melahirkan suatu kerjasama yang saling menguntungkan.

Baca Juga: Direktur Utama bank bjb Yuddy Renaldi Raih CEO of The Year dari Infobank

Pembentukan poros Kuntul Gunung juga sesuai dengan kebijakan Pemda DIY, yang menjadikan pantai selatan sebagai halaman depan. Sebagai 3 kabupaten yang memiliki Pantai Selatan, maka perlu melakukan kerjasama. Agar pantai selatan dapat benar - benar menjadi halaman depan. Sesuai RPJMD Pemda DIY.

Baik dari sektor perikanan tangkap, dengan peningkatan produksi ikan hasil tangkap. Maupun dari sektor pariwisata, dengan jumlah wisatawan yang terus meningkat. Sehingga dapat menjadi pengungkit kesejahteraan masyarakat. Untuk mengejar ketertinggalan dari daerah lain di DIY.

Penandatanganan kerjasama dilalukan oleh Bupati Bantul Abdul Halim Muslih, Pejabat Bupati Kulon Progo Tri Saktiyana dan Sekertaris Daerah Gunung Kidul Drajad Ruswandono. Usai pelaksanaan penandatanganan dilakukan sosialisasi dan pemetaan budang - bidang yang dapat dikerjasamakan.

Baca Juga: Presiden Ajak Masyarakat Vaksinasi Booster Covid-19, Ini Sebabnya

Setelah tahap sosialisasi dan pemetaan kerjasama antar OPD dari 3 pemerintah kabupaten. Setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dapat menindaklanjuti dengan penjajakan kerjasama. Kesamaan potensi diantara 3 kabupaten, membuka banyak peluang untuk dikerjasamakan. Mulai dari wisata, kerajinan hingga pertanian.

"Ketiga kabupaten memiliki potensi yang besar untuk mengungkit kesejahteraan, bila dikelola bersama",tegas Bupati Bantul Abdul Halim Muslih.

Halaman:

Editor: Rahajeng Pramesi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X