Waduh! Gerombolan Kera Ekor Panjang Bikin Resah Pedagang dan Pengelola Objek Wisata  di Dlingo Bantul

- Rabu, 5 Oktober 2022 | 11:00 WIB
Suasana Objek Wisata di Mangunan Dlingo Bantul yang mulai diserang gerombolan kera ekor panjang. (Istimewa.)
Suasana Objek Wisata di Mangunan Dlingo Bantul yang mulai diserang gerombolan kera ekor panjang. (Istimewa.)

BANTUL, AYOYOGYA.COM -- Gerombolan kera ekor panjang mulai turun mencari makan dengan merangsek tanaman buah-buahan di Kebun Buah Mangunan Dlingo Bantul.

Buah-buahan ini jadi sasaran kera ekor panjang yang bernama latin macaca fascicularis. Hal tersebut membuat resah pengelola objek wisata di Kawasan Dlingo Bantul.

Beberapa tempat yang dijamah seperti Kapanewon Dlingo seperti Kebun Buah Mangunan, Pinus Sari, Puncak Seribu Batu bahkan ironisnya lagi sudah berani mencuri dagangan disaat pemilik warung lengah.

Pengelola objek wisata mencoba mengusir kawanan primata yang bernama latin macaca fascicularis namun tak pernah membuahkan hasil. Bahkan kawanan kera ekor panjang ini datang dengan jumlah yang lebih banyak.

Baca Juga: Bangkitkan Wisata Sleman Barat Lewat Kenduri Jip di Wanarahayu, Ini Penjelasannya

Ketua Koperasi Notowono yang mengelola sejumlah objek wisata alam di Kapanewon Dlingo, Purwoharsono mengaku dalam melaksanakan 'serangan' mengambil barang dagangan di warung biasanya diawali dengan kedatangan kera dewasa yang naik di pohon yang cukup tinggi.

Ketika pedagang lengah kera dewasa tersebut seperti memberi aba-aba pada kera yang lainnya untuk segera mengambil dagangan di warung kemudian dibawa pergi.

"Saya melihat sendiri bahkan kera ekor panjang ini sudah bisa membuka tutup botol air mineral,"ujarnya.

Ia mengatakan kawanan kera ekor panjang biasanya mulai mencari makanan di kawasan objek wisata di saat para petani tidak menanami sawahnya (saat musim kemarau) atau saat stok pangan di habitnya aslinya sudah habis.

Halaman:

Editor: Rahajeng Pramesi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X