Manfaat Eco Enzyme, Mulai Obat Sakit Gigi hingga Obat PMK Bagi Hewan Ternak

- Jumat, 24 Juni 2022 | 08:19 WIB
Penampakan Eco Enzyme yang sudah dipacking dalam wadah. (Istimewa.)
Penampakan Eco Enzyme yang sudah dipacking dalam wadah. (Istimewa.)

BANTUL, AYOYOGYA.COM --  Saat ini slogan back to nature telah menyebar kemana-mana. Kampanye kembali ke alam menjadi tren dunia yang sangat positif lengkap dengan upaya upaya yang mewujudkan kecintaan pada lingkungan.

Termasuk salah satunya Bank Sampah Alam Lestari, Padukuhan Ceme, RT 02, Kalurahan Srigading, Kapanewon Sanden, Kabupaten Bantul. 

Mereka memproduksi Eco Enzyme yang berasal dari kulit buah-buahan segar. Padahal sebelum tren Eco Enzyme biasanya kulit buah hanya dibuang begitu saja dan dianggap sebagai sampah.

Eco Enzyme ini kaya akan manfaat. Tak tanggung-tanggung segudang manfaat Eco Enzyme di antaranya sebagai obat sariawan dan sakit gigi pada manusia bahkan dapat sebagai obat Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak.

Ketua Bank Sampah Alam Lestari, Slamet Budi Santosa pada tahun 2016 Bank Sampah Alam Lestari menuturkam Eco Enzyme melalui beberapa kali tahapan proses fermentasi.

Baca Juga: Yuk Kenalan  dengan Eco Enzyme,  Sederhana Bentuknya Segudang Manfaatnya  

Menurutnya setelah proses fermentasi pertama maka untuk fermentasi kedua sudah bisa dimanfaatkan untuk membuat produk-produk kesehatan seperti hand sanitezer, obat sakit gigi, obat gatal-gatal namun demikian produk kesehatan dari enco enzyme ini tidak ada yang diminum.

‎"Kalau untuk obat sakit gigi dan sariawan bisa melakukan fermentasi kedua yakni enco enzyme dicampur dengan biji suruh dan dalam waktu 20 menit saya praktekan sendiri rasa sakit berkurang banyak,"ungkapnya.

"Selama bulan Januari hingga saat ini sudah lebih dari satu ton kulit buah-buahan hingga sayuran yang masih segar telah kita fermentasi dan menghasilkan enco enzyme. Namun enco enzyme untuk dibuat produk turunannya harus menggunakan kulit buah-buahan yang masih segar,"tambahnya lagi.

Halaman:

Editor: Rahajeng Pramesi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X