Yuk Kenalan  dengan Eco Enzyme,  Sederhana Bentuknya Segudang Manfaatnya  

- Selasa, 21 Juni 2022 | 17:00 WIB
Penampakan Eco Enzyme yang sudah dipacking dalam wadah. (Istimewa.)
Penampakan Eco Enzyme yang sudah dipacking dalam wadah. (Istimewa.)

 

BANTUL, AYOYOGYA.COM - ‎Saat ini slogan back to nature telah menyebar kemana-mana. Kampanye kembali ke alam menjadi tren dunia yang sangat positif lengkap dengan upaya upaya yang mewujudkan kecintaan pada lingkungan.

Termasuk salah satunya Bank Sampah Alam Lestari, Padukuhan Ceme, RT 02, Kalurahan Srigading, Kapanewon Sanden, Kabupaten Bantul.

Mereka memproduksi Eco Enzyme yang berasal dari kulit buah-buahan segar. Padahal sebelum tren Eco Enzyme biasanya kulit buah hanya dibuang begitu saja dan dianggap sebagai sampah.

Padahal dari tangan kini kulit dari buah-buahan seger itu diolah menjadi eco enzyme‎ yang mempunyai berbagai manfaat di bidang pertanian hingga kesehatan dan tentunya punya nilai ekonomis tinggi serta sangat ramah lingkungan.

Baca Juga: PT PGN Ajak Warga Jateng dan DIY Pakai Gas Bumi, Ini Keunggulannya!

Ketua Bank Sampah Alam Lestari, Slamet Budi Santosa pada tahun 2016 Bank Sampah Alam Lestari hanya menampung dan memilah sampah organik dan non organik. Sampah yang organik kemudian dibuat menjadi pupuk kandang sementara sampah non organik seperti sampah plastik dijual kembali ke pengepul.

Namun seiring dengan berjalannya waktu dan ada mentor dari Jawa Timur yang memberikan bimbingan cara memproduksi eco enzyme akhir pada awal bulan Januari 2022 akhirnya mencoba memanfaatkan kulit dari buah-buahan yang masih segar diolah atau difermentasi menjadi eco enzyme yang memiliki berbagai macam manfaat dari bidang pertanian hingga bidang kesehatan.

"Yang jelas untuk pertanian seperti membuat pupuk hanya butuh bahan organik (kulit buah-buahan) dua macam namun mentor kita dari Jawa Timur menginginkan eco enzyme yang dimanfaatkan untuk bidang kesehatan sehingga membutuhkan minimal lima bahan organik atau lima kulit segar dari lima macam buah-buahan,"katanya.

Halaman:

Editor: Rahajeng Pramesi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X