Ibarat Peluru, CV Pegang Peranan Penting Dalam Dunia Kerja, Begini Penjelasan dari UMBY

- Rabu, 22 Juni 2022 | 12:03 WIB
Webibar MSIB di UMBY. (Dokumen UMBY)
Webibar MSIB di UMBY. (Dokumen UMBY)

BANTUL, AYOYOGYA.COM -- Sebuah CV atau Curiculum Vitae memegang peranan penting dalam dunia kerja.

Rani Rengganis, S.Psi., M.Si., CPHR, Consultant & HR Strategist menuturkam ketika berbicara tentang Human Resources (HR) yang terus berkembang, merupakan tempat di mana terjadinya pertempuran di dunia pencarian pekerjaan.

“Pada War of Talent, senjata pertama untuk masuk ke dunia kerja atau ke medan perang adalah CV. CV adalah peluru yang kita tembakkan sehingga orang HR kena,” tegasnya dalam siaran pers Rabu (22/6/2022) disela penyelenggarakan sosialisasi Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi dan webinar kesiapan magang dan kerja untuk mahasiswa dan alumni Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY). 

Ia juga mengulas lebih lanjut mengenai pembuatan CV, dia juga menyampaikan bahwa CV yang dibuat harus berbeda dan menarik. 

Baca Juga: Jalin Silaturahmi dan Kerukunan, Halal Bi Halal UMBY Digelar

CV harus outstanding, harus di atas rata-rata orang lain,” ungkapnya.

Pembicara lain, Nanda Yunika W, M.Psi., Psikolog., Kepala Bagian Career Center UMBY dan Associate Assessor juga menyampaikan materi tentang wawancara. 

Ia menerangkan bahwa tidak akan ada kemunduran dalam proses seleksi di era new normal.

“Saat ini, melamar magang dan pekerjaan dapat dilakukan secara daring dan mudah. Begitu juga dengan psikotes dan wawancaranya,” terangnya.

Halaman:

Editor: Rahajeng Pramesi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X