Survei LSI: Elektabilitas Nasdem dan PKS Masuk Lima Besar

- Rabu, 30 November 2022 | 18:23 WIB
Ilustrasi survei. (Mohammed Hasan/Pixabay)
Ilustrasi survei. (Mohammed Hasan/Pixabay)

JAKARTA, AYOYOGYA.COM - Pemilihan umum (Pemilu) menjadi perhatian yang disoroti publik menjelang tahun 2024. Oleh karenanya, Lembaga Survei Independen (LSI) melakukan survei, salah satunya terkait elektabilitas partai-partai politik.

Dalam capaian survei elektabilitas terbaru yang dilakukan LSI, partai-partai koalisi perubahan yakni Partai NasDem, Partai Demokrat dan Partai Keadlian Sejahtera (PKS) berada pada posisi lima besar.

"Komunikasi publik dari Koalisi Perubahan telah berhasil menyita perhatian masyarakat. Sejalan dengan itu, ketiga partai politik yang menginisiasi lahirnya Koalisi Perubahan ini menuai dampak kenaikan elektabilitas," kata Direktur Riset LSI Fathur Rahman dalam keterangannya.

Baca Juga: Antisipasi Penipuan, Kenali 5 Ciri Investasi Bodong yang Harus Dihindari

Tercatat, Partai Demokrat berhasil menggeser Partai Gerindra dari posisi kedua. Kemudian Partai NasDem dan PKS menyalip Partai Golkar yang terlempar dari posisi lima besar.

Adapun peringkat pertama ditempati oleh PDI Perjuangan dengan 18,2 persen, posisi kedua ditempati oleh Partai Demokrat dengan elektabilitas 14,1 persen menyalip Partai Gerindra yang nyaris stagnan di dua survei sebelumnya dengan elektabilitas 11,8 persen.

"Dan pada posisi keempat dan kelima ditempati oleh Partai NasDem dengan 8,2 persen dan PKS 7,4 persen," ujar Fathur.

Selanjutnya, di posisi keenam ditempati oleh Partai Golkar dengan elektabilitas 7,2 persen dan ketujuh ditempati oleh Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dengan 4,6 persen elektabilitas.

Baca Juga: Harga Sejutaan, Ini Spesifikasi Singkat Vivo Y02

Halaman:

Editor: Rahajeng Pramesi

Sumber: Republika

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X