Lima Makanan Khas Jawa Tengah dengan Nama Vulgar, Jadi Bikin Penasaran

- Jumat, 5 Agustus 2022 | 14:00 WIB
Foto salah satu makanan khas jawa tengah Ndas Borok, (Pasar Papringan Temanggung) (Pixabay.)
Foto salah satu makanan khas jawa tengah Ndas Borok, (Pasar Papringan Temanggung) (Pixabay.)

TEMANGGUNG, AYOYOGYA.COM -- Jawa Tengah terkenal dengan keanekaragaman budaya dan tempat wisata alam yang lengkap dan menarik untuk dikunjungi mandarin. Apalagi Jawa Tengah menawarkan banyak kuliner khas daerah yang enak dan unik.

Tentu saja, jika Anda mengunjungi Jawa Tengah tanpa mencoba kuliner yang berbeda, rasanya tidak akan lengkap. Beberapa makanan khas di daerah ini bahkan memiliki nama yang unik dan aneh.

Dikutip dari berbagai sumber, kumpulan kuliner khas Jawa Tengah yang unik dan rustic ini tidak hanya membantu menghibur Anda tetapi juga membuat Anda penasaran.

Baca Juga: Materi 'Makanan Tradisional', Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 134

1. Ndas Borok
Ndas dan Borok adalah dua kata yang berasal dari bahasa Jawa. Ndas berarti kepala dan sakit berarti menggaruk. Tapi jangan khawatir. Hidangan Jawa Tengah ini tidak ada hubungannya dengan luka atau kepala.
Ndas Borok adalah makanan khas Temanggung di Jawa Tengah. Makanan halal ini dinamakan Ndas Borok karena bentuknya yang menyerupai lebam di kepala.
Memang namanya agak aneh dan konyol, tapi hidangan ini dicampur dengan tapioka, kelapa parut dan gula merah untuk menghasilkan rasa manis dan asin yang khas.

2. Bajingan
Kata sialan terdengar kasar dan berkonotasi negatif. Namun berbeda dengan penjahat, makanan ini sangat digemari masyarakat.
Temanggung memiliki makanan khas yang disebut Bajingan yang memiliki tekstur halus dan lembut. Hidangan dengan nama unik ini ternyata sangat mudah disiapkan.
Hidangan halal ini hanya membutuhkan bahan dasar singkong yang dimasak dengan gula merah, santan kental, dan daun pandan. Ini memiliki rasa yang sederhana namun lezat.

Baca Juga: 6 Makanan yang Harus Dikonsumsi agar Gigi Tetap Sehat

3. Semar Mendem
Semar Mendem adalah makanan khas Jawa Tengah yang banyak ditemukan di Solo dan Yogyakarta. Semar Mendem rasanya asin dan gurih. Hidangan ini dibuat dengan memasukkan ketan dengan suwiran ayam atau sapi dan membungkusnya dengan telur dadar.
Selain itu, Anda bisa menambahkan kuah gurih atau kuah santan untuk menikmati Semar Mendem.
Nama Semar Menem berasal dari salah satu tokoh pewayangan, Semar, yang bertubuh tegap dan suka makan.

Baca Juga: Lakukan 4 Cara Ini Agar Kucing Cepat Gemuk, Salah Satunya Beri Variasi Makanan

4. Rondo Royal
Rondo Royal adalah makanan khas Jawa Tengah yang terdapat di Kabupaten Jepara. Camilan ini adalah tapioka yang digoreng dengan tepung beras.
Keistimewaan makanan ini adalah namanya yang berarti janda (Rondo) yang sangat dermawan (Royal). Namun, versi lain menyebutkan bahwa kata Jawa "Rondo" berasal dari kata "Rodo". Artinya kurang lebih sama.
"Royal" berasal dari bahasa Inggris, tetapi berarti kemewahan. Singkatnya, makanan ini berarti "sesuatu yang mewah".
Sejarah namanya diperdebatkan, tetapi makanan ini memiliki keunikan tersendiri. Nah, bagi yang mendengar nama jajanan ini pasti langsung penasaran dan ingin memakannya.

5. Ketupat Jembut
Masakan Jawa Tengah ini memiliki nama yang aneh dan agak kasar. Menurut cerita, kata “Jembut” dipilih untuk menggambarkan bentuk ketupat yang bagian tengahnya diolesi kelapa parut yang menyerupai rambut.


(Faisal Hendrawan Dwi Janarko/ Magang Ayoyogya)

Halaman:

Editor: Rahajeng Pramesi

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Waktu di Bumi Makin Singkat, Benarkah Tanda Kiamat?

Kamis, 4 Agustus 2022 | 15:32 WIB

Filosofi Rumah Joglo dan 7 Poin Uniknya!

Rabu, 3 Agustus 2022 | 12:30 WIB

Mengenal Keunikan si Bunga Abadi, Edelweis Jawa

Selasa, 2 Agustus 2022 | 13:00 WIB

Ini Alasan Alexandria Wajib Anda Kunjungi

Kamis, 28 Juli 2022 | 11:00 WIB
X