Bertemu Presiden Macron di KTT G7 Jerman, Jokowi Sempatkan Bahas Situasi Ukraina

- Selasa, 28 Juni 2022 | 09:00 WIB
Presiden Joko Widodo berjabat tangan dengan Presiden Prancis Emmanuel Macron saat bertemu di sela-sela KTT G7 di Elmau, Jerman, Senin (27/6/2022). ( Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden)
Presiden Joko Widodo berjabat tangan dengan Presiden Prancis Emmanuel Macron saat bertemu di sela-sela KTT G7 di Elmau, Jerman, Senin (27/6/2022). ( Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden)

JERMAN, AYOYOGYA.COM- Krisis Rusia-Ukraina yang tengah berkecamuk dalam perang kedua negara turut menjadi bahasan antara Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat bertemu dengan Presiden Prancis Emmanuel Macron di sela-sela pelaksanaan KTT G7 di Elmau, Jerman, Senin (27/6/2022).

Hal itu cukup beralasan. Sebab, sudah beberapa kali dalam perang Rusia-Ukraina, Presiden Macron bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky.

Sementara Jokowi usai pertemuan KTT G7 ini diagendakan bakal menyambangi Zelensky dan Presiden Rusia Vladimir Putin di negara mereka masing-masing.

Baca Juga: Dihadapan Negara-Negara Maju, Jokowi Tegaskan Hal Ini: G7 dan G20 Harus Segera Atasi Krisis Pangan

Dalam pertemuan terkait Presidensi G20 Indonesia itu, Jokowi menyampaikan apresiasi atas upaya Presiden Macron untuk mewujudkan perdamaian di Ukraina.

"Kita semua paham situasi sangat kompleks. Namun kita perlu terus upayakan penyelesaian secara damai. Jika perang berlanjut, krisis pangan yang terjadi saat ini akan makin memburuk," ucap Presiden Jokowi dalam siaran media dari Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden, dikutip Selasa (28/6).

Jokowi juga menyampaikan apresiasi atas dukungan Prancis terhadap Presidensi G20 Indonesia.

Presiden Macron sampaikan kembali dukungan kuat terhadap presidensi Indonesia dan yakin bahwa G20 akan sukses dan dapat menghasilkan kerja sama konkret.

Baca Juga: CfDS Fisipol UGM Ingatkan Perang Rusia-Ukraina yang kian memanas, Beresiko Jadi Ancaman Siber Global

Halaman:

Editor: Rahajeng Pramesi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Cacar Monyet Masuk ke Kondisi Darurat Kesehatan

Senin, 25 Juli 2022 | 14:35 WIB
X