5 Tips Aman Lewat Tanjakan untuk Kendaraan Niaga, Biar Lebih Stabil Jalannya

- Rabu, 2 November 2022 | 16:00 WIB
Foto ilustrasi kendaraa niaga atau truk saat melintas tanjakan. (istimewa)
Foto ilustrasi kendaraa niaga atau truk saat melintas tanjakan. (istimewa)

YOGYAKARTA, AYOYOGYA.COM- Di tengah musim hujan yang ekstrem, para pemilik dan pengemudi kendaraan niaga perlu melakukan persiapan ekstra untuk perjalanan panjang antar kota hingga pulau.

Terlebih bagi sopir, penting untuk menguasai teknik berkendara sekaligus mempersiapkan truk atau bus dalam kondisi prima, terutama kemampuan traksi yang optimal.

Selain medan perjalanan yang menjadi licin karena curah hujan tinggi, beberapa rute lintas pegunungan juga bisa menjadi tantangan tersendiri bagi para pengemudi.

Oleh karenanya, penting untuk menguasai teknik berkendara sekaligus mempersiapkan truk atau bus dalam kondisi prima, terutama kemampuan traksi yang optimal.

Disarikan dari SuaraJogja.id-jaringan Ayoyogya.com, Selasa (2/11/2022), berikut ini beberapa tips aman saat melintasi tanjakan untuk kendaraan niaga.

Baca Juga: Ini Tips Aman Berkendara Bagi Pemotor Matik Saat Touring Melibas Tanjakan, Cek di Sini

Lima tips aman lintasi tanjakan untuk kendaraan niaga:
1. Pertahankan traksi
Saat melintasi tanjakan yang curam dan mulai kehilangan traksi, pengemudi perlu mempertahankan kendali dengan mengambil beberapa langkah utama, seperti; tidak menekan pedal gas secara penuh yang membuat kendaraan terdorong ke depan.

Pasalnya, saat kendaraan dikemudikan dengan mendorong, mesin akan overheating di mana hal ini kerap terjadi pada kendaraan niaga seperti truk dan bus yang akhirnya malah menyebabkan mogok.

Pengemudi juga dapat memanfaatkan semua roda penggerak dari kendaraan terutama dalam mempertahankan traksi di tanjakan yang licin. Jika ingin menambah kecepatan saat tengah mendaki tanjakan, lakukan dengan perlahan dan bertahap agar tidak memaksakan kinerja mesin.

Halaman:

Editor: Rahajeng Pramesi

Sumber: Suara.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X