Wow! Ini Tips Belajar Tahan Lama, Bikin Semangat dan Libas Kantuk

- Minggu, 17 Juli 2022 | 15:00 WIB
Ilustrasi Belajar Dengan Penuh Semangat. (Pixabay.)
Ilustrasi Belajar Dengan Penuh Semangat. (Pixabay.)

YOGYAKARTA, AYOYOGYA.COM -- Mengantuk secara tiba-tiba akibat kelelahan atau kurang tidur memang sangat mengganggu, terutama pada saat jam belajar. Wow, Anda pasti tidak bisa berkonsentrasi.

Pernahkah Anda mengalami kantuk atau sering mengalaminya? Namun apakah Anda bingung bagaimana caranya agar tetap waras agar tetap terjaga? Tips berikut dilansir dari berbagai sumber ampuh untuk menghilangkannya, apa yang Anda lakukan? silahkan lihat!

Baca Juga: Ridwan Kamil: Saya  Belajar dari Jogokariyan dalam Memakmurkan Masjid

1. Dengarkan lagu favorit Anda
Ini sangat ampuh untuk menghilangkan rasa kantuk. Putar lagu favorit Anda di antara pelajaran. Pilih lagu yang energik dan peremajaan.

2. Olahraga kecil
Mungkin salah satu penyebab kantuk adalah kurangnya aktivitas fisik. Beristirahatlah dan mulailah melakukan peregangan selama sekitar 5-10 menit. Dari ujung kepala hingga ujung kaki, rilekskan otot-otot Anda sehingga Anda dapat kembali fokus.

3. Minum kopi
Kopi terbukti sangat efektif menghilangkan rasa kantuk. Sambil belajar, kopi bisa jadi teman kamu, jadi rasa kantuk bisa diatasi dengan cepat. Namun jangan terlalu sering meminum minuman ini, Anda juga perlu mengetahui batasannya untuk menjaga kesehatan Anda.

Baca Juga: Sleman Gelar Program Merdeka Belajar

4. Pencahayaan lebih terang
Apakah lampu ruang belajar Anda redup? Jika iya, Anda bisa pindah ke tempat dengan pencahayaan yang lebih terang. Tapi bagi yang sangat suka belajar dalam kegelapan, itu tidak terlalu penting. Yang terpenting adalah mencari tempat duduk dan posisi yang paling nyaman saat belajar.

5. Pilih waktu belajar
Untuk waktu, setiap orang dapat belajar pada waktu favoritnya, seperti pagi, siang, sore, dan malam. Ini akan memberi Anda gambaran yang akurat tentang kapan masa studi yang tepat untuk Anda. Ini adalah poin penting untuk berkonsentrasi dan tidak cepat lelah saat belajar.

Halaman:

Editor: Rahajeng Pramesi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X