Cocok untuk Wisata, Menilik Kemeriahan Craft Expo dan Festival Getuk 2022 di Magelang

- Minggu, 7 Agustus 2022 | 09:00 WIB
Magelang Craft Expo dan Festival Getuk 2022. Sumber gambar dokumen pribadi Regina Eka Meylani
Magelang Craft Expo dan Festival Getuk 2022. Sumber gambar dokumen pribadi Regina Eka Meylani

MAGELANG, AYOYOGYA.COM- Pemerintah Kabupaten Magelang kembali mengadakan Magelang Craft Expo dan Festival yang diselenggarakan selama 3 hari mulai hari Jumat 5 Agustus hingga Minggu 7 Agustus  hari ini Bertempat di Alun-Alun Kota Magelang, Jawa Tengah.

Terdapat berbagai kegiatan dalam acara ini seperti pagelaran kesenian kuliner, hiburan, perlombaan seperti lomba melukis, desain kenangan, lomba foto, stand terbaik, dan lomba seni budaya, selain itu terdapat juga workshop tentang sejarah getuk dengan narasumber owner dari Getuk Eco, fashion show, hingga talk show. Acara ini tidak hanya sebagai hiburan semata, namun juga sebagai ajang edukasi bagi masyarakat karena adanya workshop dan talkshow, acara-acara lainnya juga dapat menginspirasi para pengunjung yang datang pada acara ini.

Baca Juga: Miris, Kondisi Wisata Taman Bermain Kampung Gajah Wonderland Bandung, Dulu Ramau Kini Bak Kuburan

Magelang Expo dan festival Getuk ini di mulai pada hari Jumat 5 Agustus pukul 09.00 WIB dengan berbagai penampilan kesenian, Industri Kelas Menengah binaan Disperindag, serta bernagai pameran craft. Meskipun sudah mulai sejak pagi, namun acara ini secara resmi dibuka pada pukul 18.30 WIB oleh Wali Kota Magelang.

Di hari pertama Magelang Expo dan festival Getuk, ini berlangsung meriah, banyak berbagai stand kuliner, hiasan, hingga pernak pernik bejejer memadati alun-alun kota Magelang ini, terdapat pula berbagai kesenian lokal yang turut serta meramaikan kegiatan ini. Terdapat stand unik dan menarik pengunjung, yaitu Wayang Getuk. Wayang ini terbuat dari getuk dan di buat oleh Sambiyanto 72 th, yang berasal dari kampung Magersari. Pembuatan wayang getuk ini terinspirasi dari salah satu icon kuliner magelang yaitu getuk.

Baca Juga: Pondok Tegalsambi, Cara Baru Eksplor Wisata Pantai Sambil Kulineran 

Selain wayang getuk, terdapat pula stand unik yang memamerkan patung penari kuntulan yang juga terbuat dari getuk. Patung Penari Kuntulan ini dibuat oleh Andre Topo (39 th) yang berasal dari Banyurojo. Pembuatan patung ini bertujuan untuk mengingat kembali kesenian tarian kuntulan. Di bawah patung Penari Kuntulan tersebut juga terdapat rangkuman sejarah tari kuntulan yang dapat di baca oleh pengunjung.

Di hari ke 2, atau pada 6 Agustus akan ada Fashion Show dari para desainer-desainer lokal serta desainer-desainer Magelang Raya pada malam harinya, di hari ke 2 ini juga akan ada penampilan kesenian-kesenian lokal. Lalu di hari ke 3 pada 7 Agustus, akan ada senam bersama, penampilan kesenian lokal, pengumuman pemenang lomba serta penampilan. musik.

Baca Juga: Falling Love With Cantiknya Wisata Pantai Widodaren Gunungkidul yang Bikin Baper

Halaman:

Editor: Rahajeng Pramesi

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Resep Bikin Pempek Palembang Anti Gagal

Sabtu, 17 September 2022 | 20:18 WIB

Kumpulan Kata Bijak dari Buya Hamka

Senin, 22 Agustus 2022 | 12:00 WIB

Ini Kumpulan Kata Bijak dari Tan Malaka

Senin, 22 Agustus 2022 | 11:00 WIB

Kumpulan Kata Bijak dari Socrates

Senin, 22 Agustus 2022 | 09:30 WIB

Waktu di Bumi Makin Singkat, Benarkah Tanda Kiamat?

Kamis, 4 Agustus 2022 | 15:32 WIB
X