Umbul Kroman Klaten, Mata Air Sejuk di Tengah Rimbunan Pohon

- Rabu, 3 Agustus 2022 | 13:23 WIB
Umbul Kroman Klaten, Mata Air Sejuk di Tengah Rimbunan Pohon (Instagram/ ahlulprawiraa)
Umbul Kroman Klaten, Mata Air Sejuk di Tengah Rimbunan Pohon (Instagram/ ahlulprawiraa)

KLATEN, AYOYOGYA.COM -- Umbul Kroman adalah sebuah mata air yang terletak di Desa Mranggen, Kecamatan Jatinom, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Belum banyak yang mengetahui keberadaan Umbul Kroman ini karena letaknya cukup terpencil dan berada di tengah rerimbunan pohon bibis.

Kolam mata air ini juga tidak terlalu lebar, hanya berukuran sekitar 15 x 15 m dengan kedalaman sekitar 30 - 75 cm saja.

Baca Juga: Cara Mudah Menjaga Kesehatan Mental, Lakukan 5 Hal Ini

Kolamnya masih berupa bebatuan alami, dengan air jernih langsung dari mata air dan ada ikan-ikan yang berenang di antara bebatuan.

Pohon-pohon bibis yang rindang di sekitar Umbul Kroman akan membuat Anda betah berlama-lama menikmati suasana mata air yang asri.

Rupanya, ada juga mitos yang berkembang di daerah tersebut bahwa air dari Umbul Kroman bisa menambah kecantikan bagi perempuan yang mandi ditempat tersebut.

Baca Juga: Filosofi Rumah Joglo dan 7 Poin Uniknya!

"Umbul itu sejak dulu hingga kini, diyakini apabila ada pendatang, penduduk baru atau warga baru yang datang di RW 13 dan 14 khususnya. Orang-orang pendatang mungkin laki-laki RW 14 atau Dukuh Kropaan, kemudian mendapatkan istri jauh dari Jogja atau Solo atau Semarang darimana pun yang datang ke situ, tadinya agak kusut auranya atau bagaimana. Setelah mandi di situ (Umbul Kroman) beberapa hari akan terlihat ceria. Itu bisa dibuktikan sampai sekarang," Kepala Desa Mranggen, Miseran, pada 1 April 2022 yang dikutip AYOYOGYA dari klatenkab.go.id.

Halaman:

Editor: Rahma Rizky Wardani

Sumber: klatenkab.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Resep Bikin Pempek Palembang Anti Gagal

Sabtu, 17 September 2022 | 20:18 WIB

Kumpulan Kata Bijak dari Buya Hamka

Senin, 22 Agustus 2022 | 12:00 WIB

Ini Kumpulan Kata Bijak dari Tan Malaka

Senin, 22 Agustus 2022 | 11:00 WIB

Kumpulan Kata Bijak dari Socrates

Senin, 22 Agustus 2022 | 09:30 WIB

Waktu di Bumi Makin Singkat, Benarkah Tanda Kiamat?

Kamis, 4 Agustus 2022 | 15:32 WIB
X