Filosofi Rumah Joglo dan 7 Poin Uniknya!

- Rabu, 3 Agustus 2022 | 12:30 WIB
Ilustrasi Rumah Joglo. (Pixabay.)
Ilustrasi Rumah Joglo. (Pixabay.)

JAKARTA. AYOYOGYA.COM-- Joglo merupakan rumah adat Jawa dengan bentuk bangunan unik yang mudah dikenali. Sebagai budaya Indonesia, setiap bagian Joglo memiliki filosofi tersendiri.

Rumah Joglo sebagian besar terbuat dari kayu jati dan dimiliki oleh orang-orang dengan status sosial tinggi karena tingginya biaya pembangunan.

Baca Juga: Wisata Baru Linggarjati Joglo Magelang Jadi Magnet Wisatawan

Ingin tahu lebih banyak tentang keunikan Rumah Joglo? Simak artikel di bawah ini!

1. Ruas Jogging Unik
Seperti dilansir situs DPAD Yogyakarta, Rumah Joglo setidaknya terdiri dari lima seksi: pendopo, pringitan, omandarem, senton, dan gedongan. Pendopo biasanya digunakan untuk menjamu tamu, Pringitan digunakan untuk menerima teman dekat, Omandarem digunakan untuk mengobrol dengan keluarga, Senton digunakan untuk kamar tidur, dan Gedongan untuk ketenangan hati bagi tuan rumah. .

2. Teras Besar
Seperti rumah tradisional Jawa lainnya, Joglo memiliki teras yang luas. Teras ini sering digunakan untuk pertemuan dengan keluarga besar. Dibangun tanpa hambatan sehingga Joglo dapat dijadikan sebagai ceruk komunikasi tanpa batas.

Baca Juga: Suhu Panas di Jepang Dekati Rekor Tertinggi, Pemerintah Imbau Warga Tidak Keluar Rumah

3. Tiang
Atap joglo berbentuk trapesium ditopang oleh empat tiang utama yang masing-masing memiliki filosofi tersendiri. Tiang ini disebut Sokoguru dan melambangkan kekuatan empat mata angin, sehingga rumah joglo konon bisa melindungi dari malapetaka dari segala arah.
Tiang ini juga menopang atap Joglo. Atap Joglo memiliki bentuk trapesium yang menjulang tinggi yang menjadi ciri khas rumah Joglo.

4. Pintu masuk
Keunikan rumah joging selanjutnya adalah pada bagian tengah pintu utama. Filosofi dari lokasi pintu utama ini adalah keterbukaan dan keakraban pemilik Joglo dengan tamunya. Selain pintu utama tengah, joglo biasanya memiliki pintu kiri dan kanan.
Plot ini menggambarkan kupu-kupu yang berkembang dan bermasalah dalam sebuah keluarga besar.

5. Jendela besar
Selain teras besar, Rumah Joglo juga memiliki jendela besar. Jendela ini bisa menghiasi bagian depan rumah Joglo hingga bagian belakang. Bentuknya sendiri merupakan hasil perpaduan antara tradisi Belanda dan sedikit kekhasan Jawa.

Baca Juga: Teror Ibu Datang Lagi ke Rumah Susun, Simak Sinopsis Pengabdi Setan 2: Communion

6. Pagar
Keistimewaan rumah Joglo terletak pada pagar yang terbuat dari pohon yang panjangnya kurang dari satu meter, bukan bambu. Penutupan ini adalah filosofi yang memungkinkan orang untuk berkomunikasi dengan mudah dan tanpa hambatan.

7. Filosofi Nama Joglo
Rumah Joglo ini berasal dari kata Tajug Loro (Juglo) yang berarti dua gunung. Dalam budaya Jawa sendiri, gunung merupakan dataran tinggi yang dikeramatkan, dan bentuk ini dapat dikenali dari bentuk atapnya. Namun seiring berjalannya waktu, nama Juglo menjadi Joglo, seperti sekarang ini.

(Faisal Hendrawan Dwi Janarko/ Magang Ayoyogya)

Editor: Rahajeng Pramesi

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Resep Bikin Pempek Palembang Anti Gagal

Sabtu, 17 September 2022 | 20:18 WIB

Kumpulan Kata Bijak dari Buya Hamka

Senin, 22 Agustus 2022 | 12:00 WIB

Ini Kumpulan Kata Bijak dari Tan Malaka

Senin, 22 Agustus 2022 | 11:00 WIB

Kumpulan Kata Bijak dari Socrates

Senin, 22 Agustus 2022 | 09:30 WIB

Waktu di Bumi Makin Singkat, Benarkah Tanda Kiamat?

Kamis, 4 Agustus 2022 | 15:32 WIB
X