Fenomena Embun Upas di Kaki Gunung Semeru Jadi Daya Tarik Wisatawan

- Rabu, 27 Juli 2022 | 19:40 WIB
Fenomena Embun Upas di Kaki Gunung Semeru Jadi Daya Tarik Wisatawan
Fenomena Embun Upas di Kaki Gunung Semeru Jadi Daya Tarik Wisatawan

AYOYOGYA.COM - Akibat dinginnya suhu sekitar kaki gunung Semeru, muncul fenomena embul salju atau embun upas.

Menurut Yuli Harismawati selaku Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Lumajang, fenomena embun yang membeku menjadi daya tarik wisatawan untuk mengabadikannya melalui foto dan video.

"Fenomena langka itu telah mencuri perhatian sejumlah wisatawan dan mereka sengaja menunggu fenomena tersebut terjadi dan mengabadikannya melalui foto atau video," katanya pada Rabu (27/7/2022).

Baca Juga: MUI Jatim Adakan Ijtima Ulama, Bahas Paylater Hingga Ucapan Selamat Kepada Agama Lain

Melansir dari Suara, embun upas terjadi karena suhu udara dingin yang mendekati 0 derajat celcius di kawasan Desa Ranupani, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang sehingga menyebabkan terjadinya fenomena frozen yang juga disebut embun upas.

"Fenomena tersebut terjadi hampir di setiap bulan Juli sampai September karena pada bulan tersebut suhu di kawasan Ranupani mendekati 0 derajat Celcius," tuturnya.

Menurutnya letak Ranunpai yang berada di ketinggian 2.300 meter di atas permukaan laut itu juga mempengaruhi fenomena alam tersebut, sehingga fenomena embun salju dapat dilihat di tanah datar, di sekitar Danau Ranupani maupun Ranu Regulo.

Baca Juga: Danau Rawapening Direvitalisasi, Produksi Perikanan Naik Hingga 50 Persen

"Bahkan embun salju juga menutupi tanaman di sekitar, sehingga nampak seperti salju yang sedang menyelimuti pinggiran di Desa Ranupani yang berada di kaki Gunung Semeru," katanya.

Halaman:

Editor: Oriza Shavira Arifina

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Menolak Mundur, Iwan Bule: Salam Untuk Netizen Ya!

Jumat, 7 Oktober 2022 | 14:20 WIB
X