Wisata di Bukit Ramah dan Nyaman Bagi Keluarga, Sikunir Jawabannya!

- Jumat, 5 Agustus 2022 | 10:00 WIB
Ilustrasi Bukit Ramah,  (Jpeter, Pixabay)
Ilustrasi Bukit Ramah, (Jpeter, Pixabay)



WONOSOBO, AYOYOGYA.COM -- Indonesia merupakan daerah pegunungan dengan banyak bukit. Jadi selama kunjungan Anda, Anda bisa menikmati panorama matahari terbit. Bukit Sikunir adalah salah satu bukit paling terkenal di Dieng, sangat cocok untuk kunjungan keluarga dan panorama matahari terbit terindah di Jawa Tengah.

Lokasi Bukit Sikunir di Desa Sembungan Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Destinasi yang banyak dikunjungi pecinta alam ini terletak di ketinggian 2.300 meter dan dianggap sebagai desa tertinggi di pulau Jawa.

Penduduk setempat sebagian besar adalah petani yang menanam sayuran seperti kentang dan carica. Lahan pertanian terletak di daerah perbukitan. Adegan ini akan meninggalkan kesan dan pengalaman yang tak terlupakan.

Baca Juga: Bukit Teletubbies Gunung Kidul, Nostalgia Film Kartun Tahun 2000-an

Tidak jauh dari penduduk desa Sembungan, keberadaan Telaga Cebong membawa banyak manfaat bagi kehidupan masyarakat sekitar, khususnya pertanian.
Selama musim kemarau, Anda dapat melihat pemandangan khas puluhan kincir air yang berbaris di pagi hari untuk memompa air dari danau ke lahan pertanian.

Ada beberapa cara untuk mencapai puncak Bukit Sikunir. Jalur pertama mengarah dari desa Sembungan ke tempat parkir lereng bukit Sikunir. Setelah sampai di area ini, Anda bisa melanjutkan perjalanan ke atas. Jalurnya sangat mudah berupa undakan yang cukup panjang, undakan batu dan tanah membuat jalan tidak licin di musim hujan, panjang anak tangga sekitar 800m. Jalan kedua adalah Jalan Tieng. Rute ini berjarak 2,2 km dari Lang Tieng dan membutuhkan waktu hampir 1 jam 30 menit untuk mencapai puncak.

Pintu masuk berupa jalan setapak yang dibangun oleh petani setempat dengan medan lereng bukit yang agak terjal.

Baca Juga: Bukit Barede, Tempat yang Cocok untuk Berburu Sunrise dan Melihat Keagungan Borobudur dari Ketinggian

Setelah Anda menanjak, perjalanan Anda belum berakhir. Anda harus mendaki 800 meter lagi dalam 30 menit sebelum mencapai puncak bukit. Rasa lelah terbayar dengan keindahan puncak bukit dan panorama alam.

Saat Anda mencapai puncak bukit, Anda dapat melihat barisan perbukitan di sekitar danau yang diselimuti kabut. Kemudian Anda bisa melihat sejumlah kawasan pemukiman di tepi danau.

Baca Juga: Dari Kecelakaan Maut Bus Pariwisata di Bukit Bego Dlingo: Sopir Jadi Tersangka, Kasus Dihentikan

Tidak hanya itu, Anda juga bisa menikmati indahnya pemandangan Danau Cebong dari atas. Kemudian Anda bisa melihat pegunungan di sekitar bukit Sikunir seperti gunung Sindoro, gunung Sumbing, gunung Merapi dan gunung Merbabu.

Halaman:

Editor: Rahajeng Pramesi

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X