Ini 10 Manfaat Sayuran Organik, Mulai dari Antioksidan Hingga Kesehatan Otak

- Rabu, 10 Agustus 2022 | 16:00 WIB
Foto Ilustrasi Sayuran yang Ditanam tanpa Menggunakan Pupuk Kimia. (Instagram @ida_gardening)
Foto Ilustrasi Sayuran yang Ditanam tanpa Menggunakan Pupuk Kimia. (Instagram @ida_gardening)

YOGYAKARTA, AYOYOGYA.COM- Saat ini, ada banyak cara untuk hidup lebih sehat, salah satunya dengan mengonsumsi sayuran organik. Sayuran organik dianggap aman untuk dikonsumsi karena proses penanaman yang aman juga menghasilkan sayuran yang lebih sehat namun lezat.

Untuk itu, mengkonsumsi sayuran organik sangat dianjurkan jika Anda ingin menjaga kesehatan dan mempromosikan gaya hidup yang lebih sehat. Ingin mencoba gaya hidup sehat? Yuk mulai konsumsi sayuran organik. Simak ulasan 10 manfaat sayuran organik yang bisa membuat hidup Anda lebih sehat berikut ini.

Baca Juga: bank bjb Dukung Ekspor Porang ke China, Sejahterakan Petani Melalui Kredit Pola Kemitraan  

1. Makan lebih sehat
Tidak dapat disangkal bahwa makan sayuran organik jauh lebih sehat. Hal ini dikarenakan sayuran organik tidak menggunakan bahan kimia yang dapat merusak kandungan nutrisi dan vitamin dari sayuran tersebut. Selain itu, tidak ada bahan kimia yang digunakan, sehingga lebih baik bagi tubuh untuk mencerna.

2. Memiliki kualitas yang jauh lebih segar
Sayuran organik juga memiliki kualitas yang jauh lebih segar dibandingkan sayuran non-organik. Hal ini dikarenakan sayuran organik tidak menggunakan bahan pengawet yang dapat merusak kualitas dan rasa dari sayuran itu sendiri. Inilah juga mengapa sayuran organik lebih sering dijual langsung untuk menjaga kesegarannya.

Baca Juga: Ini 12 Manfaat Kotoran Kambing untuk Tanaman Cabai

3. Dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh
Biasanya, produksi sayuran atau buah-buahan untuk mencapai hasil yang baik dilakukan dengan modifikasi genetik, sehingga dapat menyebabkan penurunan sistem kekebalan tubuh jika kita mengonsumsi sayuran tersebut. Ini tidak berlaku untuk sayuran organik karena proses penanaman dilakukan secara alami dan tanpa modifikasi genetik. Sistem kekebalan sangat penting bagi tubuh kita, yang berasal dari nutrisi dan vitamin yang ditemukan dalam sayuran dan buah-buahan.

4. Kandungan antioksidan lebih tinggi
Sayuran organik jauh lebih tinggi antioksidannya, yang dipengaruhi oleh penanaman sayuran organik tanpa menggunakan bahan kimia yang dapat merusak kandungan vitamin, nutrisi, dan antioksidannya. Tubuh membutuhkan antioksidan untuk melindungi diri dari penyakit seperti penyakit jantung, kanker, kehilangan penglihatan, penuaan dini, dan penurunan kognitif. Makan sayuran organik akan memastikan bahwa tubuh menerima pasokan antioksidan yang diperlukan.

5. Mempromosikan perkembangan otak
Sayuran organik juga bebas dari GMO (organisme yang dimodifikasi secara genetik) atau proses rekayasa genetika sayuran untuk mengubah DNA mereka. Jika dikonsumsi dan dikonsumsi, dalam jangka panjang dapat memperlambat perkembangan otak dan merusak organ dalam. Sayuran organik cenderung non-transgenik karena semua prosesnya alami, sehingga tidak hanya baik untuk perkembangan otak tetapi juga memiliki banyak manfaat lain bagi tubuh.

Baca Juga: Sleman Patenkan 4 Varietas Tanaman Lokal

Halaman:

Editor: Rahajeng Pramesi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Lirik Lagu Uprising ‘MUSE’ dan Terjemahannya

Selasa, 4 Oktober 2022 | 23:00 WIB

Lirik Lagu Unintended ‘MUSE’ dan Terjemahannya

Selasa, 4 Oktober 2022 | 14:00 WIB
X