Jalan Tol Kahyangan, Nikmati Sensasi Membelah Lautan Sawah Lereng Merbabu

- Selasa, 2 Agustus 2022 | 15:00 WIB
Keindahan jalan Tol Kahyangan yang menembus kabut dengan diapit persawahan. ( Akun Instagram @anggarawepe)
Keindahan jalan Tol Kahyangan yang menembus kabut dengan diapit persawahan. ( Akun Instagram @anggarawepe)

YOGYAKARTA, AYOYOGYA.COM- Magelang memiliki banyak wisata alam yang patut untuk dikunjungi. Pesona alamnya memang mampu menghipnotis mata yang melihatnya. Terdapat pula peran media sosial yang turut mempromosikan beberapa tempat wisata sehingga banyak pengunjung yang datang ke lokasi. Salah satunya adalah Tol Kahyangan di Magelang.

Tol Kahyangan adalah jalanan yang dicor sepanjang 3 km layaknya jalan bebas hambatan, yang membelah sawah di lereng Gunung Merbabu dengan rute jalan yang menantang. Lokasi tersebut tepatnya berada di Dusun Surodadi, Desa Wonolelo, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang.

Baca Juga: Kondisi Terkini Charly Van Houten Pasca Tabrakan di Tol Cipularang

Meski dinamakan Tol Kahyangan, namun ruas jalannya tidak sebesar jalan tol pada umumnya, karena hanya berupa jalan dua jalur kendaraan yang diapit oleh persawahan.

Jalan ini menghubungkan Dusun Wonodadi di Desa Wonolelo dengan Dusun Suwanting di Desa Banyuroto, kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang Jawa Tengah.

Tol Kahyangan menyajikan panorama yang indah. Gunung Merapi dan Merbabu dapat terlihat dengan jelas apabila cuaca cerah. Karena berada di ketinggian, jalan ini kerap diselimuti kabut sehingga ketika melewatinya seperti sedang berada di kahyangan dan dapat menembus kabut. Hal tersebutlah yang menjadikan alasan penamaan jalan ini.

Baca Juga: Hindari Kecelakaan di Jalan Tol dengan Pahami Rumus 3 Detik, Apa Itu?

Pada awalnya, tempat ini hanya jalan cor biasa. Namun karena ada pengunjung yang berfoto dan mengunggahnya ke media sosial, tempat ini menjadi ramai pengunjung.

Karena antusias masyarakat yang tinggi, pemerintah dan warga setempat sepakat untuk mengelola tempat ini menjadi lebih baik lagi.

Halaman:

Editor: Rahajeng Pramesi

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Resep Bikin Pempek Palembang Anti Gagal

Sabtu, 17 September 2022 | 20:18 WIB

Kumpulan Kata Bijak dari Buya Hamka

Senin, 22 Agustus 2022 | 12:00 WIB

Ini Kumpulan Kata Bijak dari Tan Malaka

Senin, 22 Agustus 2022 | 11:00 WIB

Kumpulan Kata Bijak dari Socrates

Senin, 22 Agustus 2022 | 09:30 WIB

Waktu di Bumi Makin Singkat, Benarkah Tanda Kiamat?

Kamis, 4 Agustus 2022 | 15:32 WIB
X