Sate Landak Karanganyar, Kenikmatan 3 Rasa Daging Jadi Satu

- Selasa, 24 Agustus 2021 | 08:45 WIB
Sate Landak Karanganyar (Rahajeng Pramesi)
Sate Landak Karanganyar (Rahajeng Pramesi)

KARANGANYAR, AYOYOGYA.COM --  Kuliner sate merupakan asli Indonesia yang terkenal hingga mancanegara. Hampir semua aneka daging dapat dibuat masakan sate dan sudah lazim dijual seperti sate ayam,sapi, kambing bahkan sate kelinci. 

Salah satu kuliner yang dapat kita temui bila berkunjung di kawasan Tawangmangu Karanganyar Jawa Tengah salah satunya yakni Sate Landak.
 
Tidak ada yang nampak istimewa dari sajian Sate Landak. Hanya dari sisi harga, penjual membanderol harga paling tinggi di antara jenis sate lain yang dijual seperti sate ayam, sate kambing bahkan sate kelinci.

Baca Juga: 4 Kuliner Khas Jepara yang Tak Boleh Anda Lewatkan

Satu porsi sate landak  rata-rata dibanderol Rp 30.000/porsi yang terdiri dari 10 tusuk sate.
Salah satu penjual Sate Landak, Cik Yen mengakui rata-rata awalnya konsumen yang membeli sate landak hanya karena penasaran rasanya.

Kebanyakan konsumen Sate Landak adalah wisatawan dari luar daerah. Namun ada pula yang memang gemar membeli sate landak karena alasan pengobatan atau memang suka.

"Konon katanya khasiat daging landak mampu mengobati penyakit asma, menambah vitalitas dan daya tahan tubuh sehingga tak jarang datang membeli khusus sate landak untuk pengobatan," tambahnya lagi.

Baca Juga: 3 Kuliner Khas Kebumen yang Bisa Buat Anda Ketagihan  

Karena Tawangmangu merupakan dataran tinggi dan berhawa dingin,ada pula konsumen yang memesan sate landak untuk menghangatkan badan. Bahkan orang suka makan sate landak karena daging landak banyak yang mengatakan non kolesterol
Pilihan bumbu sate  landak ada 3 jenis yakni bumbu kacang, bumbu kecap dan bumbu gurih yang hanya dibakar dengan bumbu garam dan bawang seperti sate klathak. Namun dari sekian bumbu yang paling banyak dipilih adalah bumbu kecap karena lebih cocok.

Baca Juga: Wajib Dicoba, 5 Kuliner Khas Bogor yang Punya Rasa Unik

Halaman:

Editor: Rahajeng Pramesi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X