Keajaiban Seni Ada di Mantra Kriya Festival 2022

- Selasa, 24 Mei 2022 | 10:00 WIB
Penampilan salah satu penampil Mantra Kriya Fest 2022. (Istimewa)
Penampilan salah satu penampil Mantra Kriya Fest 2022. (Istimewa)

YOGYAKARTA, AYOYOGYA.COM - Matra Kriya Festival (MKF) kembali digelar untuk kedua kalinya. Acara seni yang diselenggarakan tiap dua tahunan ini dibuka di Ruang Galeri Taman Budaya Yogyakarta, Sabtu 21 Mei 2022. 

Matra Kriya Fest 2022 mengusung tema From Hands to Something - Hasta Makirtya Rupa. Kegiatan ini diselenggarakan hingga tanggal 28 Mei 2022 dengan kegiatan Seminar, Workshop Batik, Workshop Keramik, Kriyaventura (kunjungan galeri) ke Studio Kalahan milik Heri Dono dan Studio Natural Eco Fashion, Artist Talk, Performing Art dan Fashion Show.

Ketua Pelaksana MKF 2022 Rosanto Bima mengatakan MKF 2022 mengusung konsep dasar untuk menyuguhkan keajaiban seni yang dihadirkan lewat sentuhan tangan seniman.

Baca Juga: Balkonjazz Festival 2022 Bikin Ibu-Ibu Pasar Balkon Kebanjiran Order

Karya seni tidak bisa lepas dari bagaimana konsep atau gagasan, pilihan material, dan proses yang dilakoni seniman.

Hubungan ketiga hal ini sangatlah intim. Bagi seniman, material tidak dapat dipisahkan dari masalah konseptual dan realisasi nyata dalam berkarya. Kecerdasan dan aspek craftmanship seniman dalam memanipulasi material inilah yang kemudian memberi nilai lebih atas ekspresi konseptual. 

"Diharapkan seniman dapat melahirkan karya yang menampilkan ornamen unik, menyuguhkan detail,  serta eksperimen media baru yang akan memperkaya dimensi kompleksitas kekaryaan. Tidak hanya menunjuk pada kemampuan seniman dalam mengartikulasikan fragmen imaji mereka, tetapi juga dengan pertimbangan material untuk mencapai gagasan tersebut," bebernya.

Tahun ini peserta lebih meluas. Ada yang dari Riau, Lampung, dan Kalimantan. 

Rosanto mengatakan, Matra Kriya Festival diselenggarakan sebagai upaya untuk menjadi platform yang mengedukasi seniman muda agar bisa lebih berkembang. Tahun ini MKF juga lebih meriah karena pengunjung mengantri untuk dapat menikmati pameran.

Halaman:

Editor: Rahajeng Pramesi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Waktu di Bumi Makin Singkat, Benarkah Tanda Kiamat?

Kamis, 4 Agustus 2022 | 15:32 WIB

Filosofi Rumah Joglo dan 7 Poin Uniknya!

Rabu, 3 Agustus 2022 | 12:30 WIB

Mengenal Keunikan si Bunga Abadi, Edelweis Jawa

Selasa, 2 Agustus 2022 | 13:00 WIB

Ini Alasan Alexandria Wajib Anda Kunjungi

Kamis, 28 Juli 2022 | 11:00 WIB
X