Ini Hal-Hal yang Perlu Diketahui Terkait Wabah Hepatitis Misterius  

- Kamis, 5 Mei 2022 | 15:00 WIB
Ilustrasi Hepatitis akut misterius pada anak yang patut untuk diwaspadai. (Shutterstock)
Ilustrasi Hepatitis akut misterius pada anak yang patut untuk diwaspadai. (Shutterstock)

 

JAKARTA, AYOYOGYA.COM - Wabah hepatitis misterius telah mengenai hampir 228 anak di 20 negara. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebut kondisi ini sebagai hepatitis akut dengan Etiologi yang tak diketahui.

Kasus hepatitis akut dengan etiologi yang tak diketahui ini ditemukan pada anak dengan rentang usia yang luas, mulai dari satu bulan hingga 16 tahun. Di antara anak-anak yang terkena hepatitis akut ini, ada 17 anak yang membutuhkan transplantasi hati. Selain itu, setidaknya ada satu kasus kematian yang sudah dilaporkan.

Mengingat masih belum banyak informasi yang diketahui, orang tua setidaknya perlu memahami tiga hal yang berkaitan dengan wabah hepatitis akut dengan etiologi yang tak diketahui ini. Berikut ini adalah ketiga hal tersebut, seperti dilansir WebMD melalui Republika Kamis (5/5/2022).

Baca Juga: Lebaran, IDI dan IDAI Himbau Kewaspadaan Dini Kemunculan Hepatitis Akut

Secara umum, hepatitis adalah inflamasi pada hati yang bisa disebabkan oleh infeksi, gangguan autoimun, atau obat-obatan. Beberapa contoh virus yang dapat menyebabkan hepatitis adalah virus hepatitis A, B, C, D, dan E.

Hepatitis bisa mendorong terjadinya beragam gejala. Sebagian di antaranya adalah demam, sakit kuning, urin berwarna gelap, nyeri perut, mual, lelah, dan muntah.

"Sebagian besar anak dalam kasus yang dilaporkan mengalami gejala gastrointestinal seperti muntah, diare, dan nyeri perut," kata profesor di bidang pediatri dari University of Texas Southwestern Medical Center, Norberto Rodriguez-Baez MD.

Wabah hepatitis akut yang mengenai anak belakangan ini dijuluki sebagai hepatitis "misterius" karena penyebabnya masih belum diketahui. Tak ada satu pun dari kasus hepatitis "misterius" ini yang disebabkan oleh virus-virus hepatitis.

Halaman:

Editor: Rahajeng Pramesi

Sumber: Republika

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Apa itu Petrus? Penembakan Misterius Era Orde Baru

Kamis, 11 Agustus 2022 | 07:30 WIB
X