Stop! Hentikan Kebiasaan Kretek Leher Ini Alasannya

- Minggu, 3 April 2022 | 13:00 WIB
Ilustrasi sakit leher. Saat bangun tidur kerap terjadi kita mengalami sakit leher karena 'salah bantal'. (alodokter.com)
Ilustrasi sakit leher. Saat bangun tidur kerap terjadi kita mengalami sakit leher karena 'salah bantal'. (alodokter.com)

JAKARTA, AYOYOGYA.COM - Seorang dokter melalui unggahan videonya di TikTok memperingatkan tentang risiko kebiasaan kretek leher

Dalam video tersebut, Dr Brian Boxer Wachler memainkan permainan "fakta atau cap" sebagai reaksi atas klaim bahwa kretek leher bisa menyebabkan peregangan ligamen.

Hal ini bisa mengakibatkan sakit kepala atau nyeri otot di antara tulang belikat atau leher.

Dalam video yang diunggah ke TikTok, dokter itu juga memperingatkan komplikasi lebih parah dari peregangan leher dengan cara kretek

Baca Juga: Bangun Tidur Leher Terasa Sakit, Itu karena Salah Bantal, Ini Cara Mengatasinya

Boxer Wachler memperingatkan bahwa melakukan hal ini bisa menyebabkan risiko kecil dan langka yang mengakibatkan stroke. Rata-rata manusia memiliki gerakan terbatas pada lehernya. 

"Jadi, meregangkan atau kretek leher hingga batas jangkauan geraknya bisa meregangkan ligamen, tendon atau otot melebihi batas normalnya. Saat Anda memutar leher, ini berpotensi merobek arteri sehingga mengakibatkan kehilangan darah yang signifikan," bebernya dalam TikTok melansir @matamatadotcom, Minggu (3/4/2022).

Baca Juga: Pelaku yang Tebas Leher Kawan Usai Vidcall Ternyata Residivis

Bahkan lebih parahnya lagi kretek leher juga menyebabkan stroke.

Halaman:

Editor: Rahajeng Pramesi

Sumber: akun Instagram @matamatadotcom

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X