BNI Tokyo Buka Akses UMKM Indonesia Menembus Pasar Jepang Melalui FOODEX 2022

- Kamis, 10 Maret 2022 | 11:36 WIB

TOKYO, AYOYOGYA.COM - Dengan semangat menjembatani Indonesia dan dunia (Bridging Indonesia and The World), PT Bank Negara Indonesia (Persero)Tbk. (BNI) melalui cabang Tokyo memboyong sejumlah produk Food & Beverages Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) binaan untuk berpartisipasi di Paviliun Indonesia dalam ajang  Food Expo (FOODEX) 2022 yang diselenggarakan pada tanggal 8-11 Maret 2022 di Makuhari Messe,Tokyo.

BNI Tokyo berperan menjadi jembatan perdagangan dan investasi antara Indonesia dan dunia, termasuk di dalamnya adalah mendukung para pelaku UMKM yang akan mengembangkan bisnisnya ke luar negeri.

Paviliun Indonesia merupakan hasil kolaborasi antara Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo melalui Atase Perdagangan, Indonesia Trade Promotion Center Osaka, Bank Indonesia Tokyo, dan BNI Tokyo. 

Kolaborasi tersebut merupakan langkah nyata dalam mendorong peningkatan ekspor non-migas Indonesia khususnya produk makanan minuman di pasar Jepang.

Baca Juga: Optimalkan Xpora, BNI Ajak UMKM Kopi Business Matching

FOODEX 2022 sendiri merupakan ajang pameran Food & Beverages terbesar di Jepang bahkan salah satu yang terbesar di Asia karena diikuti lebih dari 10.000 buyers yang berasal lebih dari 30 negara.  

“Meskipun tidak dapat hadir secara langsung di Tokyo, sebanyak 14 UMKM binaan Xpora BNI yang export-oriented telah kami fasilitasi untuk dapat mempromosikan dan memasarkan produk-produknya di Jepang melalui FOODEX 2022. Selain dapat membuka akses pasar dan mendekatkan para potential buyer di Jepang terhadap produk-produk UMKM Indonesia, ajang expo ini diharapkan mampu menjalin kesepakatan bisnis yang berkelanjutan antara UMKM Indonesia dengan para buyer di Jepang”, ujar Direktur Treasury dan Internasional BNI Henry Panjaitan dalam siaran pers Kamis (10/3/2022).

Produk-produk unggulan UMKM Indonesia yang dipromosikan dalam FOODEX 2022 antara lain kopi, teh, coklat, ikan kaleng, fruit chips, olahan kelapa, gula, serta sambal. 

“Dukungan BNI terhadap UMKM Indonesia di ajang FOODEX 2022 ini sejalan dengan semangat BNI khususnya dalam bisnis Internasional untuk mendukung UMKM Go Global, khususnya di pasar Jepang”, tambah Henry. 

Sebagai satu-satunya bank komersial asal Indonesia di Jepang, BNI Tokyo berkomitmen mendukung kegiatan ekspor produk-produk Indonesia untuk menegaskan eksistensi Indonesia di pasar Jepang.

Halaman:

Editor: Rahajeng Pramesi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Cacar Monyet Masuk ke Kondisi Darurat Kesehatan

Senin, 25 Juli 2022 | 14:35 WIB
X