Dosen FMIPA UM Gelar Pelatihan Pembuatan Media Interaktif untuk Guru di Kediri

- Kamis, 11 November 2021 | 18:58 WIB
Dosen dari FMIPA UM memberikan pelatihan untuk para guru Kabupaten Kediri (Dok FMIPA UM)
Dosen dari FMIPA UM memberikan pelatihan untuk para guru Kabupaten Kediri (Dok FMIPA UM)

AYOYOGYA.COM -- Tim pengabdian dosen FMIPA Universitas Negeri Malang (UM) memberikan kegiatan pelatihan kepada para pendidik dari Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Fisika Kabupaten Kediri.

Pandemi Covid-19 merupakan pandemi yang bersifat global. Bahkan meski sudah satu tahun lebih berlalu, pandemi Covid-19 masih mempengaruhi banyak tatanan sektor kehidupan di dunia.

Dalam dunia pendidikan, adanya pandemi memaksa disusunnya kesiapan proses pembelajaran yang tetap bermakna meski tidak tatap muka. Para pendidik membutuhkan adanya pelatihan sebagai sarana pengembangan sumber daya manusia agar lebih memiliki pemikiran yang cermat, perencanaan yang tepat, serta adaptif terhadap perkembangan ilmu dan teknologi, agar dapat kesiapan pembelajaran lebih optimal.

Baca Juga: Seorang Remaja Tewas, JPW: Segera Tangkap DPO Tawuran Antargeng Pelajar di Jogja

Dalam keterangan resmi yang diterima Ayoyogya, Rabu (10/11/2021) tim pengabdian kepada masyarakat dosen Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam yang beranggotakan 4 orang yaitu Ardiana Hanatan, S.Pd., M.Sc., Prof. Dr. Endang Purwaningsih, M.Si., Drs. Purbo Suwasono, M.Si., dan Dr. Sentot Kusairi, S.Pd., M.Si. memberikan pelatihan kepada guru-guru anggota MGMP Fisika Kabupaten Kediri dengan judul Pelatihan Pembuatan Media Interaktif untuk Pembelajaran Fisika Bermakna di Masa Pandemi.

Dosen dari FMIPA UM memberikan pelatihan untuk para guru Kabupaten Kediri (Dok FMIPA UM)

Pelatihan yang dilaksanakan secara daring dengan 4 narasumber ini berlangsung selama 32 jam yang terpisah menjadi beberapa sesi dari 28 agustus 2021 sampai 18 oktober 2021. Materi yang diberikan meliputi Pengembangan Pembelajaran menggunakan Moodle, sharing session mengenai media interaktif dalam pembelajaran bermakna, pendalaman materi Fisika SMA, serta Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK).

Baca Juga: Manajemen PSS Sleman Masih Percaya terhadap Dejan Antonic

Menurut peserta, pelatihan yang dilaksanakan sangat bermanfaat sehingga memicu semangat para guru untuk dapat lebih meningkatkan efektiktivitas KBM. Para guru Fisika SMA yang tergabung dalam MGMP juga berminat dengan adanya pelatihan lanjutan.

Halaman:

Editor: Regi Yanuar Widhia Dinnata

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Waktu di Bumi Makin Singkat, Benarkah Tanda Kiamat?

Kamis, 4 Agustus 2022 | 15:32 WIB

Filosofi Rumah Joglo dan 7 Poin Uniknya!

Rabu, 3 Agustus 2022 | 12:30 WIB

Mengenal Keunikan si Bunga Abadi, Edelweis Jawa

Selasa, 2 Agustus 2022 | 13:00 WIB

Ini Alasan Alexandria Wajib Anda Kunjungi

Kamis, 28 Juli 2022 | 11:00 WIB
X