Kemenparekraf Sosialisasikan CHSE untuk Bangkitkan Bisnis Event di Jogja

- Sabtu, 23 Oktober 2021 | 10:36 WIB
Kemenparekraf sosialisasikan CHSE dalam program Event Protocol Story untuk bangkitkan industri event di Jogja (Regi Yanuar / Ayoyogya)
Kemenparekraf sosialisasikan CHSE dalam program Event Protocol Story untuk bangkitkan industri event di Jogja (Regi Yanuar / Ayoyogya)

SLEMAN, AYOYOGYA.COM -- Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menggelar sosialisasi Cleanliness, Health, Safety, Environment Sustainability (CHSE) Event Protocol Story (CERPEN).

Acara ini digelar untuk publik dan media lokal Yogyakarta, DIY. Adapun acara ini bertempat di Kejawa Resto, Jl. Shinta Karangmloko No.11, RT.1/RW.2, Karang Moko, Sariharjo, Kec. Ngaglik, Kabupaten Sleman, pada Kamis (21/10/2021).

Yogyakarta merupakan salah satu prioritas utama Kemenparekraf menggelar program sosialisasi protokol CHSE melalui CERPEN. Adapun program CERPEN ini dirancang untuk mendorong pariwisata dan industri kreatif sekaligus meningkatkan kepercayaan masyarakat dalam menyelenggarakan acara, dengan mengadopsi protokol kenormalan baru di tengah pandemi COVID-19.

"Di Yogyakarta, acara-acara kreatif sudah mulai digelar kembali dengan mengikuti protokol kesehatan dan tatanan kenormalan baru. Dengan demikian, berbagai event tetap dapat diselenggarakan seusai dengan situasi dan aturan terkini yang telah ditetapkan pemerintah daerah," ujar Hafiz Agung Rifai, Koordinator Strategi dan Promosi Event Daerah Kemenparekraf, Kamis (21/10/2021).

Protokol CHSE Kemenparekraf memberikan panduan mengenai tiga aspek penyelenggaraan acara yaitu sebelum (pre), selama (during), dan setelah (post) acara, yang harus diikuti oleh penyelenggara, penonton, dan pengisi acara. Aturan tersebut mencakup protokol kesehatan 3M (memakai masker, mencuci tangan pakai sabun, dan menjaga jarak).

"Fokus utama kami adalah memudahkan promotor dan penyelenggara acara dalam membangun kembali bisnis mereka. Dari sisi kami, protokol CHSE memiliki standar yang baik dan diharapkan dapat membuka jalan ke berbagai penyelenggaraan acara lainnya. Misi Kemenparekraf ialah menghidupkan kembali semua acara yang pernah diadakan, guna mendorong pertumbuhan ekonomi kreatif yang terdampak pandemi," tambah Hafiz dalam keterangan resmi yang diterima Ayoyogya.

Tujuan lain dari inisiatif sosialisasi acara CHSE ke berbagai daerah ialah memberikan pemahaman kepada pelaku event daerah terkait protokol CHSE, khususnya dalam penyelenggaraan event dengan tatanan kenormalan baru.

Tingkatkan inovasi para kreator lokal

Sosialisasi CHSE yang diadakan lewat format media gathering ini juga mengundang para profesional asal Yogyakarta yang bekerja di industri kreatif untuk berbagi pandangan dan pengalamannya dalam menyelenggarakan acara di tengah tatanan kenormalan baru.

Halaman:

Editor: Regi Yanuar Widhia Dinnata

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Begini Tips Blokir Panggilan Masuk WhatsApp

Kamis, 6 Oktober 2022 | 08:43 WIB
X