Waduh! Kekurangan Mahasiswa Terjadi di Kota Pelajar, Apa Sebabnya?

- Rabu, 25 Agustus 2021 | 18:02 WIB
Ilustrasi kuliah daring (Pixabay)
Ilustrasi kuliah daring (Pixabay)

YOGYAKARTA,AYOYOGYA.COM- Pada masa pandemi dan perpanjangan PPKM Level 4 yang masih terus berlangsung, sektor pendidikan tak luput dari dampak.

DIY yang dikenal sebagai kota pelajar, ternyata banyak Perguruan Tinggi (PT) yang mengeluhkan kekurangan mahasiswa pada era pandemi ini.

Baca Juga: AJI Yogyakarta Kecam Intimidasi terhadap Pers Mahasiswa UAD

Meski sudah memasuki pertengahan Agustus, 30 persen dari 105 perguruan tinggi swasta dan negeri di DIY belum memenuhi target jumlah mahasiswa baru (maba). PPKM membuat mobilitas masyarakat, termasuk calon mahasiswa pun terbatas.

"Harusnya kampus bisa menerima mahasiswa baru yang banyak, sekarang mau perjalanan ke Yogya saja susah karena PPKM, sehingga kampus tidak bisa memenuhi harapan jumlah mahasiswanya," ungkap Ketua Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (L2Dikti) Wilayah V DIY Didi Achjari seperti dilansir dari suarajogja.id yang merupakan jaringan AYOYOGYA.COM Rabu (25/08/2021).

Baca Juga: Sim Salabim! Mahasiswa UGM Sulap Limbah Sarung Tangan Lateks Jadi Bahan Bakar

Meski demikian, L2Dikti belum menerima laporan kampus yang terpaksa harus ditutup karena kekurangan mahasiswa. Sementara saat ini Pendaftaran Mahasiswa Baru (PMB) masih digelar.

Untuk mengejar target jumlah maba, ia mempersilahkan PT di DIY untuk memperpanjang jadwal peneriman PMB.

Baca Juga: Mahasiswa UMY Kembangkan Alat untuk Memicu ASI Lebih Lancar

Halaman:

Editor: Rahajeng Pramesi

Sumber: suara.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X