Dukungan Partisipasi Perempuan di Sleman dalam Berpolitik Tinggi

- Kamis, 19 Mei 2022 | 10:00 WIB
Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa. (Dokumen Pemkab Humas.)
Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa. (Dokumen Pemkab Humas.)

SLEMAN, AYOYOGYA.COM -- Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa mendukung serta mendorong partisipasi perempuan dalam politik.

Terlebih menurutnya perempuan saat ini mempunyai peran yang cukup besar dalam kegiatan dan organisasi kemasyarakatan.

Lebih lanjut Danang menyebut bahwa dalam undang-undang (UU) Nomor 10 Tahun 2008 tentang Pemilihan Umum dan UU Nomor 02 Tahun 2011 tentang Perubahan UU Nomor 02 Tahun 2008 tentang Partai Politik mengamanatkan setidaknya ada 30 persen perempuan dicalonkan dalam daftar anggota parlemen.

Baca Juga: Wabup Sleman Sosialisasikan SE Pembelian BBM Bio Solar Bagi Petani dan UMKM  

Pada pemilu 2019 lalu, keterwakilan perempuan di Lembaga Legislatif Nasional (DPR-RI) ada sebanyak 20,8 persen atau 120 anggota legislatif perempuan dari 575 anggota DPR RI.

Sedangkan di Kabupaten Sleman pada Pileg tahun 2019 ada sebesar 28 persen atau 14 orang. Jumlah tersebut menurutnya mengalami peningkatan dibandingkan pada pemilu 2014, yakni 13 orang.

“Maka melalui kegiatan ini di harapkan perempuan lebih percaya diri dan yakin untuk berkiprah dalam politik,” ujarnya dalam siaran pers Kamis (19/5/2022).

Baca Juga: Jamkes Capai 95 Persen, Pemkab Sleman Raih Penghargaan UHC

Sekertaris Badan Kesbangpol Kabupaten Sleman, Indra Darmawan, S.Sos., M.Sc., mengatakan  kegiatan ini merupakan agenda rutin yang diadakan sebanyak empat kali dalam satu tahun sejak 2018 lalu. Kegiatan seminar Peningkatan Partisipasi Perempuan dalam Politik kali ini diikuti oleh perwakilan dari 16 partai politik. Dikatakan bahwa kegiatan ini telah memberikan dampak positif bagi partisipasi perempuan dalam perpolitikan di Kabupaten Sleman.

Halaman:

Editor: Rahajeng Pramesi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X