Wow! Petani Bawang Merah di Bantul Mulai Panen Raya, Ada yang Untung Ada yang Merugi

- Rabu, 18 Mei 2022 | 11:00 WIB
Ilustrasi penanaman bawang putih massal. (Dokumen Pemkab Sleman.)
Ilustrasi penanaman bawang putih massal. (Dokumen Pemkab Sleman.)

BANTUL, AYOYOGYA.COM --  ‎Petani bawang merah di kawasan pantai selatan Bantul mulai panen raya masa tanam pertama atau MT 1 dengan harga yang sangat menjanjikan Meski demikian adapula yang mengeluhkan tidak mendapatkan untung yang maksimal.

Pada tingkat pedagang bawang merah, hasil panenan para petani ini dihargai Rp25.000/kg.

Salah satu petani bawang merah, Estu Dwi Subekti mengatakan melakukan panen sekitar 200 ru (lahan dengan luas 1 meter X 14 meter) yang laku dijual kepada pedagang senilai Rp 25 ribu perkilogram.

"Harga memang baru bagus, pedagang berani membeli dengan harga tinggi,"katanya Rabu (18/5/2022).

Baca Juga: Wabup Beri Motivasi Petani Milenial dengan Gerakan Tanam Bawang

Warga Kalurahan Srigading, Kapanewon Sanden, Kabupaten Bantul ini mengaku harga bawang merah ditingkat petani satu minggu yang lalu berani dibeli pedagang Rp 20 ribu per kilogram, namun saat ini pedagang berani membeli Rp 25 ribu hingga Rp 30 ribu per kilogram.

"Kalau bawang merahnya kualitasnya super, pedagang berani membeli Rp 30 ribu perkilogram,"ungkapnya.

Dengan harga per kilogram mencapai Rp 25 ribu, kata Estu petani meraup keuntungan banyak karena biaya untuk menyiapkan lahan, bibit, pupuk, obat-obatan hingga siap panen diperkirakan mencapai Rp 15 ribu per kilogram.

"Tapi ya itu saat ini banyak petani yang tanaman bawang merahnya diserang hama sehingga panennya kurang bagus sehingga harganya tida bisa maksimal,"ujarnya.

Halaman:

Editor: Rahajeng Pramesi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X