Suka Duka Belajar di Masa Pandemi

- Jumat, 20 Agustus 2021 | 12:49 WIB
Ilustrasi sekolah atau kuliah daring  (Pixabay)
Ilustrasi sekolah atau kuliah daring (Pixabay)

AYOYOGYA.COM -- Saat ini, tepatnya tahun ajaran 2021/2022 sekolah dan kuliah kembali melakukan pembelajaran dalam jaringan atau daring.

Tersebar kabar sebelumnya jika tahun ajaran ini akan melakukan pembelajaran tatap muka dengan kuota yang dibatasi. Namun, karena Pandemi belum juga usai, maka pembelajaran tetap berlanjut dengan daring.

Sedih bukan? Tentu saja, saya pribadi juga merasakan hal yang sama. Tapi mau bagaimana lagi, kondisi saat ini belum memungkinkan untuk melakukan pembelajaran tatap muka. Menjaga kesehatan dan keselamatan di masa Pandemi merupakan hal terpenting yang harus dilakukan untuk saat ini.

Baca Juga: Kuliah Daring, Mahasiswa di Cigintung Terkendala Sinyal dan Listrik

Tidak sedikit juga yang mengatakan bahwa pembelajaran daring kurang efektif. Baik guru maupun siswa memiliki kesulitan sendiri yang harus mereka hadapi ketika mengikuti pembelajaran daring. Pembelajaran daring juga memberikan tantangan sendiri bagi guru, ia harus dapat berkreasi dalam menerapkan metode pembelajaran yang cocok digunakan selama masa Pandemi.

Menurut saya pribadi, pembelajaran daring yang terjadi selama masa Pandemi ini memberikan dampak positif dan negatif, baik bagi guru maupun siswa.

Dampak Positif

Dampak positif yang pertama, baik guru maupun siswa mendapatkan wawasan dan pengetahuan baru tentang bagaimana penggunaan aplikasi yang digunakan dalam pembelajaran daring.

Jujur, awalnya saya belum mengetahui apa itu Zoom dan Google Meet. Bahkan saat itu saya juga bingung bagaimana penggunaannya. Sedikit cerita, pertama kali saya menggunakan Zoom itu saya tidak bisa mendengar apa yang dikatakan dosen saya karena suaranya memang tidak keluar. Saat itu saya benar-benar bingung, sampai pembelajaran berakhir pun saya tetap tidak mengetahui materi apa yang sedang dibahas. Dari situ, saya kemudian mencoba belajar aplikasi tersebut, dan Alhamdulillah pertemuan selanjutnya sudah mulai memahami.

Halaman:

Editor: Regi Yanuar Widhia Dinnata

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sebuah Catatan Tentang Haul 5 Ulama DPW PKB DIY

Jumat, 22 April 2022 | 14:00 WIB

Catatan Sederhana Muktamar PBNU di Mata Mahasiswa

Senin, 27 Desember 2021 | 19:00 WIB

Peran Sekolah dalam Membumikan Literasi 

Kamis, 9 September 2021 | 15:09 WIB

5 Tips Aman Berkunjung ke Rumah Sakit selama Pandemi

Kamis, 2 September 2021 | 13:31 WIB

Suka Duka Belajar di Masa Pandemi

Jumat, 20 Agustus 2021 | 12:49 WIB

Mengenal Kampus Mengajar dan Tips Mengikuti Program KM

Selasa, 17 Agustus 2021 | 09:00 WIB

Perasaanmu Bagaimana?

Minggu, 8 Agustus 2021 | 10:40 WIB

Sampai di Sini

Jumat, 6 Agustus 2021 | 23:52 WIB

Semu

Minggu, 1 Agustus 2021 | 08:00 WIB
X