Bangkitkan Ekonomi Mahakam Ulu dengan Perbaikan Transportasi di Perbatasan

- Sabtu, 2 Oktober 2021 | 03:11 WIB
Ilustrasi jalanan rusak.  Jalanan harus memadai untuk dilewati transportasi sehingga bisa menggerakan ekonomi (Instagram / PUPR)
Ilustrasi jalanan rusak. Jalanan harus memadai untuk dilewati transportasi sehingga bisa menggerakan ekonomi (Instagram / PUPR)

AYOYOGYA.COM -- Pembangunan sarana dan prasarana transportasi itu penting untuk menggerakan ekonomi daerah terkait. Pemerintah dan semua pihak harus bahu-membahu agar terciptanya pembangunan ini agar rakyat bisa merasakan manfaat sarana dan prasarana yang menunjang transportasi.

Kabupaten Mahakam Ulu yang berdiri sejak 9 tahun lalu merupakan salah satu dari 122 daerah 3 T (Terdepan, Terpencil dan Tertinggal). Masih minimnya akses transportasi ke wilayah ini menjadi kendala yang serius. Mahakam Ulu merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Kutai Barat yang disahkan dalam sidang paripurna DPR RI pada 14 Desember 2012.

Transportasi utama di Kab. Mahakam Ulu masih menggunakan sarana transportasi sungai dengan ketergantungan hingga 75 persen, seperti kapal pedalaman, speedboat, longboat dan perahu ketinting. Jika musim kemarau tidak dapat dilalui, terutama ke wilayah perbatasan, yaitu Kec. Long Pahangai dan Kec. Long Apari disebabkan volume airnya dangkal dan sangat membahayakan pelayaran.

Baca Juga: Angka Kecelakaan Kelompok Muda Tinggi, Pemerintah Harus Lebih Serius Tangani

Sarana dan prasana di Mahakam Ulu-Kutai Barat belum memadai. Diambil pada September 2021. (Sumber: Humas Kab. Mahakam Ulu)

Sementara, kondisi jalan darat masih belum memadai, sehingga penyediaan layanan transportasi umum belum dapat diberikan kepada masyarakat. Mengingat masih berupa jalan tanah bebatuan. Pada musim penghujan akan sangat riskan untuk dilalui kendaraan disebabkan jalan licin dan terdapat kubangan air yang dalam.

Keterbatasan layanan penerbangan disebabkan Bandara Datah Dawai masih merupakan bandara perintis dengan kapasitas angkut pesawat terbang hanya mampu membawa 9-10 penumpang. Di sisi lain, letaknya juga cukup jauh dari Ibukota Kab. Mahakam Ulu Ujoh Bilang, perjalanan masih dilanjutkan menggunakan transportasi sungai.

Bandara perintis Datah Dawai terletak di Kampung Long Lunuk Kec. Long Pahangai yang berada di daerah hulu Sungai Mahakam. Hanya bisa ditempuh melalui perahu longboat dan speedboat melalui jalur Sungai Mahakam dengan melewati jeram-jeram ganas kurang lebih sekitar 4-5 jam dari Ujoh Bilang yang terletak di hilir. 

Baca Juga: Apa yang Menyebabkan Pelek atau Velg Mobil Rusak?

Halaman:

Editor: Regi Yanuar Widhia Dinnata

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sebuah Catatan Tentang Haul 5 Ulama DPW PKB DIY

Jumat, 22 April 2022 | 14:00 WIB

Catatan Sederhana Muktamar PBNU di Mata Mahasiswa

Senin, 27 Desember 2021 | 19:00 WIB

Peran Sekolah dalam Membumikan Literasi 

Kamis, 9 September 2021 | 15:09 WIB

5 Tips Aman Berkunjung ke Rumah Sakit selama Pandemi

Kamis, 2 September 2021 | 13:31 WIB

Suka Duka Belajar di Masa Pandemi

Jumat, 20 Agustus 2021 | 12:49 WIB

Mengenal Kampus Mengajar dan Tips Mengikuti Program KM

Selasa, 17 Agustus 2021 | 09:00 WIB

Perasaanmu Bagaimana?

Minggu, 8 Agustus 2021 | 10:40 WIB
X