Mahasiswa KKN Untidar Magelang Ikut Kembangkan Potensi SDA dan SDM Dusun Jibulan

- Senin, 6 September 2021 | 07:00 WIB
Proses pembuatan gula jawa di Dusun Jibulan, Jati, Sawangan, Kabupaten Magelang  (Shintya Army Melgiana)
Proses pembuatan gula jawa di Dusun Jibulan, Jati, Sawangan, Kabupaten Magelang (Shintya Army Melgiana)

AYOYOGYA.COM -- Desa Jati merupakan dataran tinggi yang memiliki konfigurasi lahan yang terdiri terdiri dari tanah tegal atau  pekarangan seluas 529 ha.

Pemanfaatan lahan di Kelurahan Jati sebagian besar digunakan untuk lahan tegal, yaitu sekitar setengahnya dari total lahan. Mayoritas petani memanfaatkan lahan sawah tersebut untuk menanam tanaman ketela, pisang dan lain sebagainya. Komoditas utama yang dihasilkan di daerah tersebut adalah mengambil nira, yaitu sebagai bahan utama pembuatan gula jawa

Salah satu wilayah yang berada di Desa Jati, yaitu Dusun Jibulan. Dusun Jibulan merupakan salah satu dusun yang ada di Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah.

Baca Juga: Mahasiswa KKN 331 UNS Sulap Barang Bekas Menjadi Alat Penghasil Kompos Cair

Kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) 95 Universitas Tidar (Untidar) Magelang memilih dusun ini sebagai tempat lokasi KKN dikarenakan selain lokasi yang tidak terlalu jauh dari rumah masing-masing anggota kelompok, juga program kerja yang disusun kelompok sesuai dan tepat sasaran jika direalisasikan di Dusun Jibulan ini.

Program Kerja

Program kerja yang kelompok KKN 95 buat di antaranya; Pendampingan TPA dengan sasaran anak-anak Dusun Jibulan yang  masih memerlukan bimbingan membaca Al-Qur’an, sosialisasi dan pelatihan terkait kebiasaan belajar efektif di masa pandemi dengan sasaran anak-anak, dan kelompok belajar anak-anak. Selain itu, program kerjanya ialah membuat poster gemar makan ikan dengan sasaran anak-anak, Sabtu Sehat dengan tujuan  memberikan kebiasaan hidup sehat di masa pandemi Covid-19 dan pemberian susu dengan sasaran anak-anak, sosialisasi hukum lingkungan dengan sasaran anak-anak agar mereka tahu tentang hukum lingkungan hidup dengan mentaati peraturan.

Baca Juga: Keren, Mahasiswa UMY Bikin Platform Curhat untuk Penyitas Broken Home, Penasaran?

Lebih lanjut ada program pembuatan tempat sampah dengan sasaran masyarakat di Dusun Jibulan, dan Membantu pendirian UMKM Dusun dalam pemasaran gula merah dengan sasaran Ibu-ibu pembuat gula merah.

Kelompok KKN 95 Untidar dengan Dosen Pembimbing Aprilia Nurul Chasanah, S.Pd,. M.Pd. membantu juga menggali potensi pengembangan sumber daya manusia di Desa Jati, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang. Dengan mengembangkan sumber daya manusia dengan sasaran anak-anak harapannya mereka tumbuh menjadi generasi penerus bangsa yang cerdas.

Halaman:

Editor: Regi Yanuar Widhia Dinnata

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sebuah Catatan Tentang Haul 5 Ulama DPW PKB DIY

Jumat, 22 April 2022 | 14:00 WIB

Catatan Sederhana Muktamar PBNU di Mata Mahasiswa

Senin, 27 Desember 2021 | 19:00 WIB

Peran Sekolah dalam Membumikan Literasi 

Kamis, 9 September 2021 | 15:09 WIB

5 Tips Aman Berkunjung ke Rumah Sakit selama Pandemi

Kamis, 2 September 2021 | 13:31 WIB

Suka Duka Belajar di Masa Pandemi

Jumat, 20 Agustus 2021 | 12:49 WIB

Mengenal Kampus Mengajar dan Tips Mengikuti Program KM

Selasa, 17 Agustus 2021 | 09:00 WIB

Perasaanmu Bagaimana?

Minggu, 8 Agustus 2021 | 10:40 WIB

Sampai di Sini

Jumat, 6 Agustus 2021 | 23:52 WIB

Semu

Minggu, 1 Agustus 2021 | 08:00 WIB
X